Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Restorasi Toyota Corolla AE92, Tetap Klimis Meski Tak Lagi Muda

Kompas.com - 26/05/2024, 16:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Stanly Ravel

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi mobil klasik memang memiliki kepuasan tersendiri bagi pemiliknya.

Alirannya pun beragam, ada  restorasi penuh, bergaya balap, simpel, bahkan sampai melakukan ubahan total pada tampilannya.

Misal seperti Toyota Corolla lansiran 1991 milik Respati Adhi. Setelah memelihara sedan lawas tersebut sejak pertama kali meluncur,Adhi memutuskan untuk mengubah tampilannya agar lebih menarik tetapi tetap fungsional.

“Mobil ini dibeli baru tahun 1991, dan sudah melayani keluarga hingga kini. Dulunya beli untuk kebutuhan alat transportasi sehari-hari, kemudian dimodifikasi karena tertarik untuk melakukan personalisasi agar karakter mobilnya bisa disesuaikan dengan keinginan,” ucap Adhi, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (25/5/2024).

Baca juga: Tesla Enggan Investasi di Indonesia karena Banyak Mobil China, Ini Kata Neta

Adhi melanjutkan, dirinya tetap mempertahankan sisi fungsional, namun tampilannya diubah menggunakan part AE92 dari negara lain.

Restorasi modifikasi Toyota CorollaKompas.com/Nanda Restorasi modifikasi Toyota Corolla

“Ini dilakukan agar punya tampilan yang beda dengan mobil produksi lokal. Konsep tersebut dipilih agar tampilan mobil punya karakter yang sesuai keinginan,” kata Adhi.

Pria berusia 40 tahun ini menyebut, modifikasi dilakukan pada banyak sektor. Dari eksterior banyak menggunakan part AE92 produksi negara lain, seperti wagon face 3 liner Sprinter, Sprinter bumper, retractable rear view mirror, fender turn signal, levin side skirt, SADM garnish, dan 180i SADM trunk emblem.

Mobil ini juga dilengkapi dengan custom spoiler lip bumper, lengkap beserta antena dari Hyundai Avega.

Dari sisi interior juga banyak mengaplikasikan komponen AE92, seperti digital cluster meter, adjustable intermittent wiper switch, digital A/C controller, dashboard tray, key ring light, arm rest, retractable mirror switch dan TEMS suspension switch.

Restorasi modifikasi Toyota CorollaKompas.com/Nanda Restorasi modifikasi Toyota Corolla

Jok bawaan diganti menggunakan Recaro SR3 Le Mans with Recaro railing, dilengkapi dengan TRD shift knob, Sparco steering wheel, serta Toyota alarm indicator.

Berlanjut ke kaki-kaki, banyak menggunakan part aftermarket dari berbagai brand. Pelek Enkei ES Tarmac 16x8 et 45 dibalut ban Yokohama Advan Neova AD08R 205/45, dan dilengkapi Enkei center cap, Cusco lug nut, dan ISC Coilover.

“Mesin dilakukan engine swap menggunakan mesin 7A-FE dari Corolla AE112,” kata Adhi.

Adhi mengungkap, kesulitan saat memodifikasi mobil ini, salah satunya part Corolla lansiran 91 ini terbilang sulit dan langka.

“Mencari part yang terhitung langka, tetapi proses modifikasinya relatif mudah karena semua plug and play,” ucap Adhi.

Bicara soal waktu, restorasi mobil ini dilakukan secara bertahap, selama bertahun-tahun. Namun, Adhi enggan untuk mengungkapkan soal biaya yang dikeluarkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com