Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fiat Indonesia Jual 500 Sport Rp 365 Juta

Kompas.com - 29/04/2014, 23:42 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Setelah sempat menjajaki pasar sejak September 2013, akhirnya PT Garansindo Inter Global (Chrysler Indonesia) resmi meluncurkan Fiat 500 di Jakarta, Selasa (29/4/2014). Acara ini sekaligus untuk memperkenalkan varian terbaru, Fiat 500 Sport, yang dibanderol Rp 365 juta, off-the road.

“Fiat 500 Sport memiliki karakter desain yang agresif sehingga sesuai untuk individu yang menginginkan Fiat 500 dengan aura sport,” ujar Muhammad Al Abdullah, Chief Executive Officer PT Garansindo Inter Global, dalam keterangan resminya.

Kehadiran 500 Sport melengkapi dua varian yang sudah lebih dulu diperkenalkan sebelumnya, yakni 500 dan 500C. Sekilas, dari segi desain dasar, tidak ada perbedaan dari varian lain. Namun jika diperhatikan lebih saksama, ada perbedaan di beberapa bagian, seperti bemper, gril, pelek aluminium 16 inci, emblem "500" merah, dan spoiler belakang di pintu bagasi.

Aksen hitam dan abu-abu mendominasi interior Fiat 500 Sport. Lingkar kemudi lebih tebal dengan tuas pengganti transmisi di bagian belakangnya. Panel instrumen hitam dan kursi berlapis kulit dengan logo 500S memperkuat karakter sport.

Urusan mesin, sama dengan varian lain. Fiat masih mengandalkan 1.4L, 4 silinder, dan multiair. Pemindah tenaga menggunakan transmisi otomatis 5-percepatan dengan fitur sport. Tenaga yang dihasilkan 100 HP @6.500 rpm dan torsi maksimum 131 Nm @4,000 rpm. Konsumsi bahan bakarnya diklaim mencapai 12,5 kpl untuk dalam kota dan 14 kpl untuk luar kota.

Garansindo Inter Global Menjadi varian ketiga, sekaligus pelengkap keluarga 500.
Keselamatan
Untuk kelengkapan keselamatan, mobil kota asal Italia ini dipasangi tujuh kantong udara, masing-masing sepasang di depan, samping, kepala, dan lutut. Kelengkapan lain meliputi pretensioner, anti-whiplash head restraints, four-wheel antilock brake system (ABS), steel-cage construction, electronic brake distribution (EBD), hydraulic brake assist (HBA), electronic stability program  (ESP), dan electromagnetic dipping rearview mirror.

Lembaga keselamatan di Eropa, European National Car Assesment Program (Euro NCAP) memberikan peringkat bintang lima untuk mobil kompak ini. Selain varian Sport, Fiat melepas varian lain 500 dengan harga yang sama (Rp 365 juta) dan 500C Rp 390 juta, termasuk garansi 3 tahun atau 100.000 km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com