Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda Indonesia Fokus pada Skyactiv

Kompas.com - 29/04/2014, 08:20 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif -  Selama tiga bulan pertama (Januari-Maret) 2014, Mazda Motor Indonesia mengaku mencatatkan penjualan sebesar 2.564 unit. Model dengan teknologi Skyactiv, CX-5 (SUV) dan Biante (MPV) menjadi penopang terbesar penjualan, menemani hatchback Mazda2. 

“Mazda fokus di mobil dengan teknologi Skyactiv. Dua kendaraan (CX-5 dan Biante) tersebut telah menjadi pilar sejak 2013 kemarin,” terang Astrid Ariani Wijana, Manajer Pemasaran Senior MMI, di perayaan ulang tahun ke-8 MMI di Jakarta, Senin (28/4/2014).

Pada 2013, menurut data wholesales Gaikindo, model Skyactiv memang menjadi incaran konsumen MMI. CX-5 telah terjual 3.594 unit dan Biante 2.072 unit. Sementara model Skyactiv lain, Mazda6 (sedan), laku 295 unit di pasaran. 

Di luar Skyactiv, penjualan tinggi juga dicatatkan Mazda2,  sebanyak 3.456 unit. Total penjualan Mazda 2013, total 11.239 unit. 

Bertahan
Kondisi persaingan dalam negeri tahun ini cukup menantang. Walau gairah otomotif disegarkan dengan LCGC sebagai segmen baru serta peningkatan di kelas MPV bawah, MMI memprediksi pasar otomotif tahun ini akan cenderung bertahan seperti tahun lalu.

Namun buat MMI, kendala tambahan ada pada gejolak perekonomian yang berpengaruh terhadap harga jual dan daya beli masyarakat. Maklum, selain VX-1 semua model Mazda diimpor utuh dari Jepang dan Thailand.

Pada 2013, pencapaian sepanjang tahun ditargetkan 16.000 unit, namun tahun ini diturunkan menjadi 12.000 unit. “Pada 2013 kita hanya mencapai 11.239 unit, tahun ini target kita 12.000 unit," ucap Haryanto Djayaputra, Senior Sales Manager MMI.

Daerah
MMI menyadari produk yang dipasarkan memang bukan “volume maker”. Maka itu pasar daerah potensial yang tadinya belum terjamah kini mulai disentuh. Tujuannya tentu memperbesar total cakupan penjualan. Salah satu cara dengan menambah jaringan dealer di luar Jakarta.

“Kampanye baru ‘Be Alive’ ini bikin brand mazda semakin dikenal. Kami berharap daerah lain bisa lebih digali, seperti Surabaya, Jawa Tengah, dan Medan,”

Hingga sekarang, MMI telah memiliki 40 jaringan dealer yang tersebar di seluruh pulau besar Indonesia, kecuali Papua. “Pada 2014, kita akan bangun dealer di Palangkaraya, Yogyakarta, dan Surabaya,” tutup Astrid. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com