Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Audio Bose Naikkan Gengsi Nissan Teana

Kompas.com - 29/04/2014, 08:03 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jimbaran, KompasOtomotif – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) tahu betul, konsumen sedan medium sekelas Teana butuh fitur pemanja lebih baik, agar penumpang semakin betah di dalam kabin. Itulah alasan model baru yang diluncurkan beberapa waktu lalu, sudah dilengkapi sistem audio premium merek Bose.

Jika sebelumnya cuma ada enam speaker, Teana baru sudah dipasangi sembilan pengeras suara. Empat di pintu, tiga tweeter di atas dasbor, dan dua subwoofer di bagian belakang mobil. Tak ayal, peranti ini membuat kualitas suara semakin baik, diklaim bak punya home theatre di dalam kabin.

Menurut M Ikhsan Satriawinandi, Senior Product Specialist Teana and Product Planning Departement NMI, kualitas suara semakin mantap dengan adanya desain akustik yang sudah makin disempurnakan. ”Suara musik lebih jernih, apalagi kekedapan kabin lebih baik. Suara otomatis kencang ketika dibutuhkan, misalnya melaju dengan kecepatan tinggi, atau pelan sendiri kalau berhenti di lampu merah,” jelasnya dalam test drive media di Bali, Senin (28/4/2014).

Saat KompasOtomotif uji sambil mengikuti agenda tes, suara yang dihasilkan dari pemutar CD sangat jernih. Dentuman bas cukup dalam tapi tidak memekakkan telinga. Semua range suara seimbang, bahkan tanpa mengutak-atik equalizer sekalipun!

Bose di mobil Nissan
Dalam sejarah Nissan di Indonesia, audio merek Bose belum banyak dipasangkan dengan mobil-mobil yang saat ini dipasarkan. Praktis hanya Elgrand yang menggunakan, dan saat ini ditambah dengan Teana. Kata Ikhsan, hal ini terkait dengan kebutuhan konsumen.

”Masalahnya Bose belum begitu populer di Indonesia. Bahkan belum ada perwakilan khusus yang menjamin suku cadangnya. Karena kami menganggap sistem audio ini dibutuhkan untuk mobil sekelas Teana, spesifikasi audio di model lama kami ganti,” jelas Ikhsan.

Ketika KompasOtomotif melanjutkan pertanyaan soal kemungkinan dipasang di model lain? Ikhsan menggeleng. Selain belum dirasa urgent, kualitas premium di sektor pemanja telinga akan berpengaruh pada kenaikan harga yang cukup signifikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com