Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Servis Istimewa Lexus LFA di Jerman

Kompas.com - 04/04/2014, 12:04 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Cologne, KompasOtomotif - Bagi pemilik Lexus LFA pergi ke bengkel resmi merupakan solusi utama untuk perbaikan atau perawatan berkala. Tapi bagi konsumen di Eropa, Toyota punya bengkel khusus yang bisa melayani pemilik LFA dengan standar tertinggi, yakni di TMG Motorsport, Cologne, Jerman.

TMG merupakan rumah modifikasi yang membangun mobil Formula 1 Toyota, dan kini bertanggung jawab untuk memproduksi prototipe mobil balap LeMans. Ada 38 konsumen di seluruh Eropa yang bisa memanfaatkan jasa servis bengkel TMG untuk perbaikan dan perawatan berkala.

Toyota Bengkel jauh dari kesan kumuh.
Di bengkel ini, semuanya serba apik tertata. Jauh dari kesan kumuh, kotor, oli berceceran, atau montir dengan tampang sangar. Suasananya bersih, putih, tanpa terlihat banyak peralatan perbaikan yang berceceran di lantai.

"Kami merawat LFA kurang lebih sama dengan mobil LeMans. Konsep perawatannya sama dengan model Lexus lainnya, tapi lebih kompleks ketika masuk pada beberapa bagian, karena LFA memang punya karakter seperti mobil balap,"  jelas Peter Drensen, kepala bengkel TMG dilansir MotorAuthority (1/4/2014).

Toyota Peralatan bengkel tersimpan rapi di dalam laci-laci penyimpanan.
Untuk perawatan berkala, panel bodi harus dilepas supaya teknisi bisa langsung berinteraksi dengan sistem suspensi, kemudi, dan sasis. Sistem infra merah juga digunakan untuk memantau ada bagian yang mulai melemah atau berkurang kualitasnya. Tapi, tetap ada pekerjaan rutin ringan seperti mengganti saringan udara atau oli, sama seperti mobil pada umumnya.

Ketika mobil sudah selesai diservis, langsung dilakukan pengetesan termasuk kecepatan tinggi di jalan tol. Satu lagi, konsumen tidak perlu datang ke bengkel untuk antri menunggu mobilnya diperbaiki, tapi cukup mengantar mobilnya ke dealer Lexus mana saja dan menunggu dijemput tim TMG.

Toyota Servis ekslusif untuk mobil yang dirpduksi ekslusif, hanya 500 unit di dunia.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com