Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Sulit, Honda Tetap ”Pede”

Kompas.com - 29/01/2014, 08:34 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Banyak pengamat dan pelaku bisnis industri otomotif memprediksi, 2014 menjadi tahun yang cukup sulit. Tidak hanya untuk industri dan bisnis mobil, kondisi makro ekonomi  yang  tidak kunjung membaik, akan menekan pasar sepeda motor.

Bagi PT Astra Honda Motor (AHM), situasi tersebut justru dijadikan ”ujian” yang harus dihadapi dengan optimistis. Johannes Loman, Wakil Presiden Direktur Eksekutif AHM mengatakan, Senin (27/1/2013), bahwa masih ada dua faktor positif yang memberi harapan untuk pasar sepeda motor di Indonesia. ”Pertama, sepeda motor akan semakin menjadi kebutuhan. Kedua, pendapatan masyarakat meningkat secara kontinyu. Kami masih optimistis,” tegasnya.

Loman memberi contoh! Sepeda motor sport yang  lebih mahal dari bebek dan skutik, terus tumbuh dari tahun ke tahun. Penjualan jenis ini pada 2012 - secara nasional - bekontribusi 5 persen. Pada 2013 melonjak menjadi 17 persen. Ini menunjukkan daya beli masyarakat tetap ada dan cenderung naik.

”Contoh gampangnya, kita lihat airport (bandara), selalu penuh. Lalu, semakin banyak orang yang membeli produk di segmen atas atau medium. Salah satu indikator, ya...sepeda motor sport. Tahun ini kami perkirakan kontribusinya terus meningkat, terutama di segmen sport menengah,” timpal Loman.

Pembatasan
Situasi sulit pasar sepeda motor dipengaruhi beberapa faktor. Paling kentara, nilai tukar rupiah yang terus melemah, bahkan saat ini sudah berada di kisaran Rp 12.000  lebih per 1 dollar AS. Selain itu, inflasi naik menjadi 8,4 persen, dan bunga BI menjadi 7,5 persen. Wacana Bank Indonesia kembali memperketat kredit dengan regulasi baru, yaitu pembatasan uang muka, juga mula terasa. 

”Faktor yang paling berpengaruh menurut saya adalah currency (nilai tukar rupiah). Pembatasan uang muka, belum tahu secara persis. Kita tunggu saja. Pastinya, sepeda motor masih dibutuhkan selama transportasi umum belum baik dan Indonesia ini luas. Masih banyak daerah-daerah membutuhkan butuh kendaraan roda dua,” urai Loman.

Untuk itulah, penjualan sepeda motor pada 2014 diprediksi mencapai 7,7 hingga 8 juta unit. Target AHM, bisa menikmati 63 persen pangsa pasar nasional atau menjual 5 juta unit! Semoga!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com