Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota-Daihatsu Ekspor Agya ke Filipina

Kompas.com - 29/01/2014, 08:06 WIB
Agung Kurniawan

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif - Toyota Indonesia akan mengekspor 6.030 unit Agya CBU ke Filipina, yang diresmikan minggu depan (3/2/2014). Untuk ini, Toyota tetap mengandalkan PT Astra Daihastu Motor (ADM) - sebagai perakit - langsung dari pabriknya diKarawang, Jawa Barat.

Upacara pengiriman unit perdana rencananya dihadiri sejumlah pejabat negara, termasuk Menteri Perindustrian MS Hidayat, Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Budi Darmadi, Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Masahiro Nonami dan Presiden Direktur ADM, Sudirman Maman Rusdi.  

"Ekspor dilakukan oleh kami (ADM) tetapi menggunakan merek Toyota. Sama seperti Avanza atau Town Ice," jelas Rio Sanggau, Kepala Pemasaran Domestik ADM di Jakarta Selatan, kemarin (28/1/2014) yang belum mau menjelaskan tipeAgya yang diekspor. 

Domestik
Selain ekspor, Toyota Indonesia juga berharap banyak pada Agya di pasar domestik. Tahun ini, data TMMIN menunjukkan mobil hasil kolaborasi dengan Daihatsu itu produksinya ditargetkan 64.851 unit,  hampir tiga kali lipat (186,7 persen) dari tahun lalu cuma 22.619 unit. Maklum, tahun lalu, mulai dijual September.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com