Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasaki Indonesia Tak Punya Nyali Jual Skuter Besar

Kompas.com - 23/01/2014, 16:34 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Setelah ”memegang” image sepeda motor off-road dan sport premium, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) tidak gegabah melirik ”lapak” lain. Sambutan baik konsumen Eropa terhadap skuter bongsor, salah satunya J300 yang baru diluncurkan di EICMA, Milan, akhir 2013, dianggap belum bisa jadi patokan sebagai model yang akan sukses di sini.

GM Divisi Pemasaran KMI Yusuke Shimada mengatakan kepada KompasOtomotif, Rabu (22/1/2014), bahwa pasar big scooter tidak menjadi incaran karena peminatnya tidak begitu banyak. ”Khusus untuk J300, memang produknya sangat bagus. Tapi jika dipasarkan di sini, harganya pasti tinggi karena cc (kapasitas silinder) di atas 250. Untuk saat ini kami tidak berpikir ke sana,” urainya.

Aturan di Indonesia, setiap sepeda motor dengan kapasitas silinder di atas 250 cc sudah tergolong barang mewah, dan dikenakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang lebih besar. Dipastikan, Kawasaki J300 akan dibanderol sangat mahal jika dijual KMI.

Di Inggris, skuter yang diidentikkan dengan ”Ninja matik” ini dijual 4.049 poundsterling atau setara Rp 81,6 juta. Bisa dibayangkan, jika masuk Indonesia, maka harganya bisa hampir dua kali lipat karena beban biaya impor dan pajak.

Kendati demikian, meninggalkan pasar skuter bongsor bukan berarti diam. KMI sudah mengakui akan berusaha merebut segmen baru, yakni pasar klasik atau lifestyle. Seperti diulas KompasOtomotif pada Rabu, si klasik Estrella 250 cc akan menjadi model pertama sepeda motor klasik Kawasaki yang bakal dijual di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com