Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Moge 500 CC Plus Pasti Naik!

Kompas.com - 23/01/2014, 08:16 WIB
Agung Kurniawan,
Donny Apriliananda

Tim Redaksi

Jakarta, KompasOtomotif — Beban Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPN dan PPnBM) menjadi 125 persen untuk sepeda motor impor utuh (CBU) 500 cc ke atas dipastikan berpengaruh terhadap harga. Hitungannya, kalau model yang dipasarkan sekarang dijual dengan PPnBM 75 persen, maka harga dipastikan naik drastis. 

Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menunjukkan, tiga merek yang mengimpor moge di atas 500 cc adalah Kawasaki, Suzuki, dan Yamaha. Total moge yang diimpor selama 2013 lalu mencapai 58.527 unit, tidak sampai 1 persen dari penjualan sepeda motor Indonesia, 7,7 juta unit.

Dari angka itu, porsi moge CBU bermesin 500 cc ke atas hanya 1.416 unit. Pemasar terbesar adalah Kawasaki. Suzuki masih sangat kecil, hanya 4 unit. Yamaha belum tercatat. Pemasarannya efektif dimulai pada akhir 2013 lalu.

Melihat gelagat pemerintah, Asisten GM Divisi Pemasaran PT Kawasaki Motor Indonesia Yusuke Shimada mengaku sudah mengetahui rencana ini. Sampai saat ini, perusahaan masih melakukan perhitungan ulang, menyangkut harga jual moge yang dipasarkan. "Harga pasti naik, tapi harus menunggu sampai peraturan resmi terbit," ujar Yusuke kepada KompasOtomotif, Rabu (22/1/2014) malam.

Merek yang identik dengan kelir hijau ini memasarkan empat moge, yakni Ninja 650, ER-6n, Ninja ZX-6R, dan Versys. Semuanya dibekali mesin di atas 500 cc. Banderol mulai dari Rp 102,5 juta sampai Rp 220 juta per unit. Sayang, ketika ditanya berapa kira-kira kenaikan harganya, Yusuke memilih mengelak.

Bergeser
Dengan naiknya harga moge kelas menengah (sekitar 500 cc), Dyonisius Beti, Wakil Presiden Direktur Eksekutif Yamaha Indonesia, memprediksi bahwa akan terjadi pergeseran konsumen. Mereka yang tadinya berminat beli moge akan beralih ke sepeda motor 250 cc ke bawah dengan banderol yang lebih terjangkau.

"Akan tercipta jurang yang lebih jauh lagi antara moge dan sepeda motor sport 250 cc," ujar Dyon.

Untuk memuaskan dahaga pencinta moge, konsumen biasanya memodifikasi sepeda motor kelas 250 cc dengan suku cadang moge. Selain bisa mendapat tampilan yang lebih kekar, nilainya lebih ekonomis ketimbang beli baru! 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com