Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tematis Pelek

Tips Amankan Dop Mobil

Kompas.com - 22/12/2013, 11:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pernah kehilangan dop mobil? Kelengkapan pelek ini memang kerap jadi incaran pencuri. Pemilik pasti kesal, selain bikin tampilan mobil jadi kurang sedap dipandang,  harga satuan dop di pasaran terbilang cukup lumayan, sekitar Rp 100.000 – 300.000-an.
Febri Ardani dop pelek mobil

Keberadaannya kerap luput dari perhatian, tidak heran juga bila pemilik mobil baru menyadari beberapa hari setelah dop digondol maling. Kalau sudah begini solusinya mesti diganti.

Cukup sulit menghalangi tangan-tangan jail mengincar dop milik kita, tapi pemilik bisa melakukan tindakan pencegahan. Lilik dari JP Racing memberi tips ringan apa saja yang perlu dilakukan agar dop sulit digondol maling.

1. Pilih tempat parkir yang aman.  
Pemilik harus bisa menentukan tempat terbaik untuk meninggalkan mobil. Resiko hilang bukan hanya dop, tapi bisa juga yang lain. Tempat ramai tidak selalu aman begitu juga sebaliknya.

2. Kencangkan baut.
Langkah ini dilakukan untuk mengulur waktu. Maling memang cerdik, tapi setidaknya bila baut susah dilepas bisa memperlambat aksi mereka.

3.Eratkan dop pakai lem besi.
Caranya, lem dibubuhkan dalam bentuk titik, bukan baluran.

4. Ganti baut jadi tipe “+”
Lilik menjelaskan membuka pelek biasanya dibuka pakai obeng ‘L’, proses bongkar akan lebih sulit jika "si tangan panjang" dipaksa menggunakan obeng ‘+’

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com