Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tematis Pelek

Pelek Peyang atau Pecah, Servis Sementara!

Kompas.com - 21/12/2013, 15:08 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – ”Menghajar” lubang atau ”nyenggol” trotoar, jadi momok para pengguna mobil. Jika benturannya cukup keras, pelek riskan peyang, penyok, atau bahkan retak dan pecah. Jika sudah begini, dan kebetulan kantong kosong, solusinya menyervis. Banyak toko pelek dan ban yang menyediakan jasa ini, tapi yang spesialis bisa dihitung dengan jari.

Donny Apriliananda Pelek retak atau pecah, bsia juga diservis, tapi tidak menjamin kekuatannya.
Salah satu yang berpengalaman urusan servis pelek adalah Gelora Teknik Sarinande, bengkel bubut yang beroperasi di Jl Fatmawati no. 36, Jakarta Selatan. Banyak pemilik mobil yang membawa pelek peyang atau retaknya di sini, bahkan ada juga toko ban yang melempar pekerjaan tersebut di begkel yang letaknya bersebelahan dengan Pasar Mede ini.

Mulyono, supervisor Sarinande, mengakatan kepada KompasOtomotif bahwa untuk menyervis pelek sebaiknya menggunakan mesin. ”Banyak yang bisa mereparasi tapi caranya manual dengan diketok dan dipanasi. Kami menggunakan mesin press, peyang atau retak paling parah sekali pun bisa kembali rapi,”ungkapnya.

Kerusakan
Paling sering dikeluhkan adalah peyang atau penyok. Untuk perbaikan jenis ini dipatok Rp 150.000 - 200.000 ribu, per pelek. Mulyono menjelaskan bahwa kadang tak cukup hanya di-press. Untuk kerusakan tertentu butuh dibubut dan dipapas agar tetap simetris. Hampir semua kerusakan bisa diatasi, tapi tidak menerima cat dan poles.

Kerusakan lain adalah retak atau pecah. Kalau yang ini prosesnya hampir sama, di-press dahulu lalu dibuat presisi kembali. Namun ada langkah tambahan, yakni merapikan dengan dempul dan lem. ”Menyambungnya kembali nanti dilas secara manual. Lem dan dempul untuk menutup pori-pori agar lebih kuat,” sambar Mulyono.

Untuk kerusakan jenis ini dipatok paling murah Rp 250 ribu untuk pelek 18 inci ke bawah. Semakin besar diameter atau semakin parah kerusakan, harga bisa melambung, bahkan mencapai Rp 500.000 - 1 juta per pelek. Meski demikian, untuk pelek yang sudah diservis, saran Mulyono, tidak dipakai terlalu lama. Dia tidak menjamin soal kekuatan, meski hasil pengerjaan tergolong rapi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com