Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sokbreker Mechatronic dari Ohlins

Kompas.com - 12/08/2011, 16:03 WIB

SWEDIA, KOMPAS.com- Produsen Ohlins menciptakan sokbreker Mechatronic untuk sepeda motor BMW R1200GS. Salah satu sistem suspensi pertama di dunia yang menggunakan elektronik.  Peredam kejut ini pernah ditemukan pada Ducati Multistrada.

Pengendara bisa menyetel suspensi tanpa mengganggu sistem kelistrikan karena berinteraksi langsung dengan ECU (Electronic Control Unit) pada motor. Perangkat ini juga memiliki fungsi semi-aktif yang secara otomatis menyesuaikan redaman sesuai dengan kecepatan motor.

Paket yang disodorkan Ohlins untuk R1200GS terdiri dari sokbreker depan dan belakang berikut ECU yang tinggal pasang. Jadi, pengendara bisa memilih beberapa mode dan tingkat redaman, serta setelan per belakang sebelum menerima beban.

Modenya ada tiga, yakni "comfort", "Normal" dan "Sport". Untuk comfort dengan kecepatan di bawah 80 km perjam. Ketika laju motor melebihi 80 km per jam, ECU otomatis mengubah mode ke Normal dan di atas 120 km per jam bergeser ke mode Sport. Saat kecepatan menurun, mode pun kembali seperti semula, sehingga pengendaraan lebih akurat.

"Belum ada motor memiliki suspensi yang bisa merespon kecepatan kendaraan. Inilah persembahan Ohlins yang memang menjadi konsentrasi kami sebagai merek premium dan dipercaya oleh pengendara di seluruh dunia," komentar Marketing Communications Manager Ohlins Ola Lennstrom.

Produk ini mulai dipasarkan November mendatang dengan harga Rp 34 juta lebih, belum termasuk PPN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com