Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Volkswagen Kembali ke Reli Dunia

Kompas.com - 08/05/2011, 08:46 WIB

JERMAN, KOMPAS.com - Menuai sukses di ajang reli ganas "Dakar Rally", Volkswagen melebarkan buruan prestasinya ke kejuaraan reli dunia (World Rallying Championship) pada 2013. Senjata andalannya Polo R WRC, begitu informasi dibocorkan oleh Nadine Nethery dari VW Australia.

Menurut sang gadis, Polo R WRC, untuk sementara tidak akan diproduksi massal, tapi model hatchback ini merupakan generasi kelima Polo yang tidak akan dijual dalam pasar global.

Mobil reli ini berpenggerak empat roda (4WD) dibekali mesin berkapasitas 1.6 Liter turbocharged dan memiliki tenaga maksimum 268 HP.

Dr Ulrich Hackenberg, anggota tim divisi pengembangan VW mengatakan, masuknya VW ke reli dunia karena adanya peraturan baru di seri WRC, terutama menyangkut mesin. Kapasitasnya maksimum dibatasi 1.600 cc, injeksi langsung dan turbochraged.

"Regulasi itu sangat cocok dengan filosofi VW, berkaitan dengan perkembangan produksi. Perampingan, efisiensi tinggi dan daya tahan merupakan merupakan prioritas utama bagi konsumen kami," jelasa Ulrich.

Bagi VW, ajang WRC yang bakal diikuti bukan yang pertama. Produsen mobil Jerman ini pernah berkiprah pada 1980-an bersama pereli Kenneth Eriksson, yang juga pernah datang ke Indonesia pada 1996, hanya membela Subaru. Ketika membela VW pereli Swedia itu mengemudikan Golf GTi 16V.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com