Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kia "Recall" Spectra di Amerika

Kompas.com - 02/05/2011, 19:32 WIB

AMERIKA, KOMPAS.com - Produsen mobil Korea Selatan Kia mengumumkan akan melakukan penarikan untuk perbaikan (recall) model Spectra (Ceroto) yang dipasarkan di Amerika. Langkah ini dilakukan setelah ada pemberitahuan dari Lembaga Keselamatan Jalan Raya (NHTSA) Amerika yang dalam situsnya menyebutkan bahwa tangki bahan bakarnya bisa lepas (jatuh) dan menyebabkan kebakaran.

Kia menyampaikan, Spectra yang telah dipasarkan jumlahnya mencapai 58.000 unit dari model LD produksi 2004-2007. Kendaraan tersebut yang tersebar di 20 negara bagian di Amerika yang bercuaca dingin, seperti di antaranya Illinois, Indiana, Maryland Massachusset, Michigan dan distrik Kolombia.

NHTSA merincikan bahwa ada tali yang memegang tangki ke sasis dan jika kena garam di jalan bisa karat dan memutuskan tali tersebut. Aneh, kok jalan ada garam. Memang, di negara-negara bagian di Amerika yang mengalami salju, untuk menghilangkannya di sebar garam.

"Ada kemungkinan korosi pada tali yang memegang tangki akibat "garam" di jalan, sehingga mengurangi kekuatan pegangannya," sebut NHTSA. Meski belum ada laporan kecelakaan atau kebakaran akibat itu, tapi pihak Kia memerintahkan dealernya untuk mengganti tali tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com