Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Komponen Otomotif Diresmikan

Kompas.com - 23/03/2011, 17:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sedikitnya 700 perusahaan dari 21 negara dunia antara lain Indonesia, China, Taiwan, Thailand, Singapura, Korea, India, Malaysia dan Belarussia turut serta dalam ajang The 3rd ASEAN Largest Auto Parts, Accessories and Equip Exhibition (INAPA) yang mulai berlangsung di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (23/3/2011).

Berbagai produsen komponen otomotif mulai dari yang terkecil seperti baut, kabel busi, aki (baterai), ban sampai gardan mobil ada di pameran ini. Para vendor berlomba-lomba menggaet mitra bisnis baru guna memperluas pemasaran produknya di Indonesia.

Budi Darmadi, Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian mengatakan, industri otomotif yang kuat wajib ditopang produsen komponen yang memadai. Pameran ini berpotensi memfasilitasi para vendor komponen untuk saling berinteraksi, sekaligus ajang bisnis.

"Tahun lalu pasar otomotif nasional sudah mencatatkan rekor baru menembus 760.000 unit dan akan berlanjut pada 2011. Mudah-mudahan pameran ini bisa menjadi pendorong makin menguatnya industri otomotif nasional," ujar Budi Darmadi disela peresmian INAPA.

Selain INAPA, pada waktu bersamaan juga diselenggarakan pameran lain yakni, Indonesia International Bus, Truck and Components Exhibition (IIBT), Heavy Equipment Indonesia 2011 dan Indonesia International Bike, Parts and Accessories Exhibition 2011.

Baki Lee, Project Head PT General Expo Management -- selaku penyelenggara pameran --mengatakan, jumah peserta pameran tahun ini bertambah, memperluas segmentasi pasar yang dituju.

Baki Lee optimistis, pameran tahun ini bisa mencatatkan total transaksi lebih dari Rp1 triliun dengan jumlah pengunjung 50.000 orang dalam selama empat hari pameran (23-26 Maret 2011). Dari penelusuran Kompas.com, pameran tahun lalu mencatatkan transaksi Rp400an miliar dan jumlah pengunjung 25.000 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com