Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Bisnis Kendaraan Komersial Ringan, Nissan Makin Ekspansif

Kompas.com - 15/09/2010, 18:41 WIB

HANOVER, KOMPAS.com — Nissan tak hanya agresif pada mobil listrik dan sport. Produsen nomor tiga di Jepang ini juga makin ekspansif dalam bisnis kendaraan komersial ringan. Direncanakan, setiap tahun, mulai 2011 sampai 2013, Nissan setiap tahun akan meluncurkan kendaraan komersial baru. Ini tidak terlepas dari target Nissan untuk menjadi produsen utama kendaraan komersial global.

Diberitakan, sebuah model kendaraan komersial ringan (masih dirahasiakan) akan diperkenalkan kepada publik pada pameran kendaraan komersial dan suku cadang, Hanover Motor Show, yang berlangsung 23–30 September ini. Konon, produk ini sangat penting untuk mengangkat posisi Nissan di pasar global kendaraan komersial ringan.

“Nissan sangat serius untuk menjadi produsen kendaraan komersial utama di dunia. Saat krisis melanda, kami bisa menjual 500.000 lebih kendaraan komersial di seluruh dunia. Pertengahan dasawarsa ini, kami menargetkan akan memproduksi lebih dari 1 juta unit kendaraan komersial tiap tahun," ujar Gilles Normand, Wakil Presiden Nissan Motor Co, Ltd.

Pertumbuhan tersebut didorong oleh kehadiran sembilan model baru sampai 2013, termasuk sebuah kendaraan hasil kerja sama mereka di India dengan Ashok Leyland. Nissan juga berencana memasuki pasar Amerika Utara dengan membawa varian NV terbaru.

NV200 Evalia Di Hannover, Nissan akan meluncurkan varian terbaru NV200. Meski berbasis mobil komersial ringan, MPV ini menawarkan akomodasi maksimal untuk barang dan penumpang. Kendaraan ini sempat mendapatkan gelar 2010 European International Van of the Year.

Model baru itu disebut NV200 Evalia. Ia bisa memuat tujuh penumpang plus bagasi. Pilihan mesinnya adalah diesel 110PS, bensin 1,6 liter (108PS), dan diesel 1,5 liter (86PS).

Fitur terbarunya berupa Around View Monitor (AVM), kamera di sekeliling tubuh mobil yang dihubungkan ke layar monitor. Hasilnya adalah pemandangan "mata burung" di luar kendaraan. Semua itu akan memudahkan pengemudi memarkirkan kendaraan atau saat bermanuver.

Indonesia Sebuah sumber menyebutkan, saat ini NV200 sedang dipersiapkan masuk ke pasar Indonesia. Dikabarkan, NV200 akan dirakit di pabrik Nissan di Cikampek tahun depan. Semua itu sejalan dengan rencana PT Nissan Motor Indonesia (NMI) yang menelurkan sedikitnya satu model baru setiap tahun. Untuk itu, Nissan akan berinvestasi 20 juta dollar AS di Indonesia dengan target memproduksi 100.000 kendaraan per tahun.

Kalau NV200 jadi masuk pasar Indonesia, maka saingannya adalah Daihatsu Gran Max.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com