Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sistem Poin Baru di F1 Tidak Jadi Dipakai

Kompas.com - 16/12/2009, 10:52 WIB

JERMAN, KOMPAS.com — Rencana memakai sistem penghitungan poin baru di arena balap mobil F1 tampaknya untuk sementara dibatalkan dengan dua alasan. Demikian dilaporkan majalah Jerman, Auto Motor und Sport, seperti dikutip Worldcarfans, Selasa (15/12/2009).

Pembatalan tersebut terjadi karena sistem baru diadopsi secara tidak sah oleh komisi F1. Setelah itu, badan motor sport di FIA mengesahkannya.

Sebelumnya, sempat diwartakan kalau F1 akan menerapkan penghitungan poin baru. Untuk pemenang diberi nilai 25, kedua 20, ketiga 15, keempat 10, dan seterusnya 8-6-5-4-3-2-1.

Majalah Jerman itu mengatakan bahwa komisi F1 tidak pernah melakukan pertemuan lebih dulu dalam beberapa tahun untuk dibahas dalam rapat di Monaco, baru-baru ini. Adapun rapat itu hanya membahas perubahan regulasi untuk kepentingan balap yang dilakukan oleh Sporting and Technical Working Groups FIA.

Sementara itu, masalah poin hanya berupa wacana dan hanya dibicarakan selama 2 menit. Usulan tersebut datang dari Peter Windsor dari kubu tim baru USF1. FIA mau memakai sistem penghitungan poin baru itu apabila rangkaian balapan diikuti 13 tim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com