Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menghidupkan Mesin Mobil Pakai iPhone

Kompas.com - 10/11/2009, 15:33 WIB

AMERIKA SERIKAT, KOMPAS.com — Ketenaran ponsel keluaran Apple iPhone di Indonesia masih kalah dibanding Blackberry, Nokia, Motorola, atau Sony Ericsson. Akan tetapi, ponsel berlogo buah apel ini sangat digemari di Amerika Serikat, bahkan sudah menjadi bagian gaya hidup kalangan urban. Kemampuannya sudah bisa menggantikan kunci mobil dengan teknologi keyless remote, cukup dengan mengaplikasikan Viper SmartStart.

Directed Electronics sebagai produsen Viper SmartStart mengatakan bahwa perangkat hardware mereka kompatibel dengan iPhone dan bisa difungsikan layaknya fungsi dasar keyless remote. Di antaranya untuk membuka kunci pintu, bagasi, termasuk tombol "panik" untuk menghidupkan alarm mobil.

Berbeda dengan fitur keyless bawaan pabrikan mobil dan produk aftermarket lain, melalui sistem Viper SmartStart, seseorang dapat menyalakan mesin mobil dari jarak berapa pun melalui sinyal seluler yang dipancarkan iPhone. Hebatnya lagi, satu ponsel bisa digunakan untuk banyak kendaraan.

"Peningkatan dan ketenaran iPhone membuka bisnis baru di segmen kami. Kami mengembangkan Viper SmartStart dengan kelebihan virtual yang tak terbatas, dan pemilik iPhone bisa menggunakan fitur touch-screen yang sudah mereka miliki di kantong masing-masing," ujar Kevin Duffy, Presiden Directed Electronics, dalam rilis resminya, seperti dikutip autoobserver.

Untuk kendaraan yang belum memiliki hardware stater remote, perangkat tersebut dijual seharga 499 dollar AS (Rp 4,7 juta). Namun, kalau yang sudah dilengkapi dengan kemampuan yang kompatibel, pemiliki tinggal memperbarui modul iPhone-controlled SmartStart seharga 299 dollar AS (Rp 2,8 juta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com