Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piaggio Jajal Hybrid dengan Skuter MP3

Kompas.com - 23/07/2009, 10:18 WIB

KOMPAS.com — Enggak cuma pabrikan mobil, motor pun mulai menciptakan kendaraan ramah lingkungan. Tercatat, Piaggio sebagai prinsipal skuter pertama yang mengikuti tren global melalui salah satu produknya, yakni MP3 125 cc hybrid. Jadi, skuter tiga roda ini digerakkan dengan mesin bensin dan motor listrik.

Sumber tenaga listrik menggunakan baterai lithium ion yang bisa diisi ulang. Banyak teknologi telah dikembangkan oleh Piaggio Group untuk menyukseskan kendaraan hibrida mereka. Itu seperti transmisi otomatis, starter listrik, ride-by-wire yang inovatif, dan electronic accelerator system, merupakan fitur yang kali pertama dipakai oleh skuter ini.

Umumnya teknologi hybrid atau hibrida, saat akselerasi pertama, 85 persen performa menggunakan mesin konvensional. Dapur pacu pada MP3 ini bertenaga 15 dk pada 8.500 rpm dengan torsi 16Nm pada 3.000 rpm. Adapun tenaga yang disumbangkan dari baterai sebesar 3,5 dk dan torsi 15Nm.

Untuk konsumsi bahan bakar, 1 liter bensin bisa menempuh jarak 60 km. Sementara itu, skuter biasa dengan 1 liter lebih pendek lagi, yakni 26 km. Yang menarik, pengendara bisa memilih sepenuhnya listrik atau hibrida hanya dengan menekan tombol "Hy Tech" beberapa detik saja. Baterai akan terisi saat dilakukan deselerasi dan menurunkan kecepatan.

Terus, hibrida ini menganut teknologi plug-in sehingga baterai bisa diisi ulang menggunakan listrik rumah. Soal harga, konon untuk pasar Amerika dibanderol sekitar Rp 90 juta. (Nurfil)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com