Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragam Sepatbor Buat Skubek dan Ninja

Kompas.com - 29/10/2008, 15:19 WIB

Buat pemilik skubek yang ingin mengganti sepatbor depan atau belakang, bahkan bagian kolongnya, kini sudah tersedia beragam model. Pokoknya, tampilan motor jadi lebih gagah. Termasuk untuk motorsport, tapi baru  buat  Kawasaki Ninja 250.

Serat karbon
Berkat Motor (BM) di Jl. Ciledug Raya, Ciledug, Tangerang menawarkan sepatbor bolt-on kolong untuk Kawasaki Ninja 250. Sekalian juga sarung (kondom) lengan ayunnya, sehingga membuat tampilan kaki belakang lebih kekar.

“Bahan dibuat dari fiberglass dan mudah diaplikasi,” bilang juragan BM, Rudi Gunawan. Menurut Rudi, ada dua model pilihan. Bisa sepatbor kolong saja atau berikut kondomnya. Selain model, harga juga beda. Untuk model plus kondom arm dilego Rp 1 juta (untuk warna doff). Sedang motif karbon dibanderol Rp 1,5 juta. “Yang karbon bukan model carbon printing, tapi dilapisi serat karbon,” urai Rudi.

Seumpama nggak mau pakai kondom, hanya dihargai Rp 350 ribu. Bentuknya pun lebih panjang ketimbang sepatbor di kondom lengan ayun.

MOSBI
Toko sparepart dan aksesori di Tubagus Angke, Jakarta Utara ini, juga  menyodorkan dua model untuk Ninja 250 . Untuk sepatbor depan atau kolong belakang model bolt on. “Untuk sepatbor kolong, desain diambil dari Ninja 250 di Thailand,” bilang Ayung Zulkarnaen, bos MOSBI.

Desain sepatbor berbahan fiber ini dibuat menyatu dengan penutu  arm. Soal harga, ada dua pilihan, warna atau motif yang diaplikasi. “Ada motif karbon dan cat solid (doff),” bilang suhu modifikasi motor di Indonesia ini.

Untuk bahan karbon dihargai Rp 1,6 juta. Sedang motif cat, mulai dari Rp 750 ribu sampai Rp 850 ribu. Harga itu untuk sepatbor depan yang tinggal pasang. “Sepatbor depan motif karbon full Rp 600 ribu, sedang model setengah karbon Rp 500 ribu,” sebut Ayung.

Skubek
Motor yang sudah dimodifikasi menggunakan pelek lebar atau dibikin law rider, tentu tersandung masalah. Biasanya, lebar speatbor tidak pas dengan lebar bannya. Masalah seperti ini, bisa diatasi dengan mengganti sepatbor  buatan Robby Mangolang, modifikator dari Studio 9 di Jl. Dr Sutomo, No. 37, Ciledug (Pojok), Tangerang.

Fiberglass dengan motif dari Dainese jadi tema yang ditawarkan. Pelat nomor masih bisa tetap dipasang lantaran tersedia dudukan buat tanda pengenal kendaraan itu. Sayangnya, bicara harga Robby sedikit tertutup. “Lebih baik ke saya langsung aja deh,” bilang pria yang bisa dihubungi di nomor 0819-0558-6629. (Eka)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com