Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cepat Beli Grand Livina dan Familynya Sekarang

Kompas.com - 16/10/2008, 11:49 WIB

JAKARTRA, KAMIS - Yang berminat membeli mobil, cepat lakukan sekarang-sekarang ini dan jangan tunda tahun depan. Terutama dari produk Nissan karena Nissan Motor Indonesia (NMI) akan menaikkan semua modelnya. "Sebenarnya, kita sendiri tidak mau menaikkan harga, tapi keadaan yang memaksa, jadi tak ada pilihan lain," ujar Teddy Irawan, Deputy Senior Sales & Marketing PT NMI  kepada Kompas.com pagi ini (16/10).

Penyulut kenaikkan itu, lanjut Teddy lantaran faktor variable. Di antaranya row material yang sejak semester I sampai sekarang terus bergerak naik. Satu lagi, Exchange rate, terutama nilai tukar rupiah ke dolar yang dari kisaran Rp 9.000-an menjadi Rp 9.800,-. Fluktuasi nilai dolar ini tentu berpengaruh kepada lembaga pemberi jaminan seperti bank dan leasing (enterst rest).

Kapan mulai naiknya, Teddy belum bisa memberi kepastian karena masih dalam perhitungan. Yang jelas, tak mungkin tahun depan.  Dan melonjak harga dari jajaran produk-produk Nissan tidak pukul rata, tergantung komponen dan sourcenya.

Livina family, terutama Grand Livina, menurut Teddy sejak tahun lalu sampai sekarang sudah lima sampai enam kali mengalami kenaikkan harga. Terakhir, Agustus lalu kenaikkan berkisar Rp 3 juta sampai Rp 5 juta, tergantung modelnya. Seperti Grand Livina 1.5L XV/M/T ketika baru ke luar mempunya harga sekitar Rp 148 juta, kini hampir mendekati Rp 160 juta.

Sekalipun harga terus bergerak naik, toh Grand Livina tetap menjadi fenomenal. Bayangkan, dari seluruh total penjualan produk Nissan dari Januari sampai September 2008 yang mencapai s ekitar 25.000 unit lebih, 70% dikuasai keluarga Livina. Yang sedikit membingungkan Teddy, untuk Livina X-Gear justru lebih banyak beredar di daerah.

Setelah terakhir memperkenalkan Nissan X-Trail 2.4L pada Juni lalu, NMI masih akan menyodorkan produk barunya sebelum menutup 2008 ini. Kembali Teddy tidak mau membocorkannya. Tapi Kompas.com mendapat informasi dari sumber lain kalau produk anyar itu kategorinya SUV dan kapasitas mesinnya 2.0L.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com