Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepele, tapi Bisa Kurangi Getaran Motor

Kompas.com - 09/08/2024, 11:02 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pengendara motor sering mengeluhkan getaran berlebihan saat berkendara, membuat perjalanan kurang nyaman. Getaran pada motor memang umum, terutama yang sudah berusia lama.

Ternyata, ada beberapa hal sepele yang bisa dilakukan untuk mengurangi getaran ini secara signifikan, dan bahkan membuat berkendara terasa lebih halus.

Purnomo, pengelola bengkel Tamaro di Palmerah Jakarta Barat, berbagi tips sederhana tentang hal yang sering diabaikan oleh pemilik motor.

Baca juga: AHM Gelar Kontes Layanan Honda Nasional ke-15

"Yang sering tidak diperhatikan orang itu adalah pengencangan baut dan mur di bagian rangka dan mesin. Baut yang kendur bisa membuat getaran motor lebih terasa karena komponen-komponen tidak saling terikat dengan kuat," jelas Purnomo kepada Kompas.com, Kamis (8/8/2024).

Menurutnya, hanya dengan memastikan semua baut dan mur dikencangkan sesuai standar, getaran pada motor bisa berkurang cukup banyak.

Selain itu, Purnomo juga mengingatkan pentingnya perawatan rantai motor dan ban berkala.

"Rantai yang terlalu kendur atau terlalu tegang juga bisa menambah getaran pada motor. Begitu juga dengan tekanan angin ban yang tidak sesuai, bisa membuat motor terasa lebih bergetar saat melaju di jalan," tambahnya.

Rantai motor yang kendur akan memengaruhi performa dan kenyamanan.fortnine.ca Rantai motor yang kendur akan memengaruhi performa dan kenyamanan.

Ia merekomendasikan untuk selalu memeriksa kondisi rantai dan tekanan angin ban setiap beberapa minggu sekali, terutama jika motor sering digunakan dalam jarak jauh.

Menurut Purnomo, hal-hal kecil seperti ini sering kali diabaikan karena dianggap sepele, padahal dampaknya cukup besar terhadap kenyamanan berkendara.

"Perawatan motor enggak harus selalu mahal atau rumit. Hal-hal kecil seperti ini bisa dilakukan sendiri oleh pemilik motor di rumah, dan hasilnya bisa sangat terasa," ujarnya.

Baca juga: TVS Resmikan Diler Baru di Banjarmasin

Melakukan perawatan sederhana dan rutin tentunya menjaga motor tetap dalam kondisi prima, minim getaran, dan memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan.

Perhatian terhadap detail kecil, seperti pengencangan baut, perawatan rantai, dan tekanan ban, bisa menjadi solusi efektif untuk mengurangi getaran motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau