Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Ertiga Hanya Dapat Satu Bintang Tes Tabrak Global NCAP

Kompas.com - 02/08/2024, 16:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki Ertiga tidak hanya diproduksi di Indonesia, tapi juga di India oleh Maruti Suzuki. Ertiga buatan India ternyata hanya dapat satu bintang tes tabrak Global New Car Assessment Program (NCAP).

Dikutip dari Autocarindia.com, Jumat (2/8/2024), tes tabrak tersebut dilakukan untuk unit yang diekspor ke Afrika Selatan. Sayangnya, hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Baca juga: Diskon LMPV di Juli 2024, Ertiga Hybrid Tembus 32 Juta

Ertiga hanya dapat satu bintang untuk perlindungan penumpang dewasa, dengan nilai hanya 23,63 dari 34. Sedangkan untuk perlindungan penumpang anak, dapat dua bintang dengan nilai 19,40 dari 49.

Suzuki Ertiga buatan India yang diekspor ke pasar Afrika hanya dapat satu bintang Global NCAP.Dok. Global NCAP Suzuki Ertiga buatan India yang diekspor ke pasar Afrika hanya dapat satu bintang Global NCAP.

Untuk fitur keselamatan, Ertiga sudah dibekali dengan dua airbag di bagian depan. Sedangkan baris kedua, sudah dilengkapi dengan ISOFIX.

Saat terjadi tabrakan, Ertiga buatan India untuk pasar Afrika ini masih ditemukan potensi risiko penumpang dewasa mengalami cedera hingga meninggal dunia.

Suzuki ErtigaSIS Suzuki Ertiga

Untuk tabrakan dari depan, Global NCAP menyebutkan bahwa penumpang masih bisa mendapat perlindungan yang optimal, asalkan menggunakan sabuk pengaman.

Sedangkan untuk tabrakan dari samping, hasilnya tidak begitu buruk. Tapi, karena bagian pilarnya tidak memiliki airbag, sehingga menambah risiko cedera para penumpang.

Untuk perlindungan penumpang anak, meskipun sudah menggunakan ISOFIX, disebutkan penumpang balita dan anak-anak masih berpotensi terlempar dari kursi, sekalipun kunci ISOFIX sudah dikencangkan.

Soal kelengkapan fitur keselamatan, Ertiga buatan Maruti dan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tidak jauh berbeda. Low MPV tersebut tetap dibekali Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Electronic Stability Program (ESP), Hill Hold Control (HHC), dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau