Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Siap Luncurkan MPV Listrik, Dimensi Lebih Kecil dari Ertiga

Kompas.com - 12/03/2024, 17:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki dikabarkan sedang mempersiapkan dua mobil baru di segmen multi purpose vehicle (MPV).

Dikutip dari Gaadiwaadi, Selasa (12/3/2024), model MPV pertama yang akan diluncurkan memiliki dimensi yang lebih kecil dari Suzuki Ertiga.

MPV ini akan mengambil inspirasi dari Suzuki Spacia yang dijual di Jepang dan akan dilengkapi dengan sistem Hybrid Electric Vehicle (HEV) yang akan dikembangkan sendiri.

Dengan nama kode YDB, mobil tujuh penumpang ini diperkirakan akan mendapatkan tenaga dari mesin bensin seri Z 1.2 L tiga silinder yang bekerja bersama dengan motor listrik dan paket baterai untuk membentuk sistem HEV.

Baca juga: Tips Agar Tetap Fokus Berkendara Saat Berpuasa

Tidak seperti mobil hibrida pada umumnya, sistem ini akan mirip dengan teknologi e-Power milik Nissan. Dengan sistem ini, mobil diklaim bisa menghasilkan efisiensi bahan bakar hingga lebih dari 35 kpl.

Mobil Listrik Suzuki eVX di Japan Mobility ShowKompas.com/Agung Kurniawan Mobil Listrik Suzuki eVX di Japan Mobility Show

Selanjutnya ada MPV listrik yang akan diluncurkan Suzuki di India. Dengan kode YMC, mobil ini akan mulai diproduksi pada akhir 2026 dan akan didasarkan pada platform 27PL yang sama seperti SUV listrik Suzuki eVX.

Suzuki YMC disebut akan memiliki banyak kesamaan dengan eVX termasuk paket baterai 40 kWh dan 60 kWh yang dapat digunakan bersama dengan jarak tempuh yang diklaim mencapai 550 km dengan sekali pengisian daya.

Baca juga: Tips Agar Tetap Fokus Berkendara Saat Berpuasa

Namun, belum ada informasi lebih lanjut terkait desain eksterior, interior dan juga fitur.

Tak hanya itu, Suzuki juga dikabarkan sedang mengembangkan 10 mobil baru untuk diluncurkan dalam tiga hingga empat tahun ke depan, dan enam di antaranya adalah SUV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com