Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Moeldoko Ajak Jokowi ke Pabrik VinFast di Vietnam

Kompas.com - 15/07/2024, 17:51 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SUBANG, KOMPAS.com - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko meresmikan peletakan batu pertama atau groundbreaking fasilitas pabrik perakitan mobil listrik VinFast di kawasan Subang, Jawa Barat, Senin (15/7/2024).

Pada seremoninya, dirinya pun bercerita awal mula rencana kehadiran produsen asal Vietnam itu di Tanah Air sampai mengajak Presiden RI Joko Widodo berkunjung ke pabrik pusatnya di Hai Phong, Vietnam.

"Ini menunjukkan suatu komitmen bahwa dari awal VinFast berjanji untuk melakukan investasi di Indonesia. Pada beberapa kesempatan yang lalu saya pun menyarankan Pak Jokowi saat ke Filipina, Vietnam, Brunei, saya sarankan ke pabrik VinFast," ujar dia di Subang, Jawa Barat, Senin.

Baca juga: VinFast Resmi Groundbreaking Pabrik Mobil Listrik di Subang

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat meresmikan groundbreaking pabrik mobil listrik VinFast di Subang, Jawa Barat, Senin (15/7/2024).dok.VinFast Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat meresmikan groundbreaking pabrik mobil listrik VinFast di Subang, Jawa Barat, Senin (15/7/2024).

"Beliau lihat sendiri betapa VinFast merupakan sebuah industri otomotif yang besar di Vietnam," lanjut Moeldoko.

Ia lantas berharap VinFast menjadikan Tanah Air sebagai basis produksi di kawasan Asia Tenggara (ASEAN), khususnya untuk model kendaraan berbasis setir kanan. Sehingga menjadikan Indonesia sebagai mitra penting pengembangan EV.

Diketahui, fasilitas VinFast di Hang Phong, Vietnam memiliki luas hingga 300 hektar yang dapat menelurkan hingga 300.000 unit kendaraan setiap tahun. Jajaran mobil listrik yang diproduksi di sana terdiri dari VFe34, VF 3, VF 5, VF 6, VF 7, VF 8, dan VF 9.

Selain itu, fasilitas yang sama juga meluncurkan beberapa kendaraan listrik lainnya, meliputi sekuter listrik dan bus listrik.

"Pabrik ini berdiri di pulau reklamasi. Terletak di tepi indah Cat Hai, Hai Phong, pembangunan pabrik VinFast dengan luas 335 Hektar dan pembangunannya hanya menghabiskan waktu 21 bulan sampai akhirnya bisa beroperasi pada tahun 2019," ujar Deputy CEO of Electric - Electronic VinFast Stuart Taylor di Hai Phong, Vietnam (15/5/2024).

Baca juga: Bus Baru Laksana buat GIIAS, Suites Class Mesin Depan

VinFast, perusahaan otomotif Vietnam berencana membangun pabrik mobil listrik di Indonesia dengan kapasitas produksi 250.000 unit per tahun. DOK. VINFAST VinFast, perusahaan otomotif Vietnam berencana membangun pabrik mobil listrik di Indonesia dengan kapasitas produksi 250.000 unit per tahun.

Tak seperti pabrik mobil kebanyakan, pabrik Vinfast telah dibantu ribuan robot untuk memenuhi memenuhi kebutuhan industri otomotif Vietnam, tetapi juga pasar Amerika, Eropa, Afrika Selatan, India, Pakistan, hingga Indonesia, Thailand, dan Filipina.

Dengan bantuan robot yang merupakan teknologi terkini dari Jerman dan Spanyol, pabrik ini dapat memproduksi sebanyak 25 unit mobil dalam setiap satu jam, dengan dua shift kerja.

“Dilengkapi dengan lebih dari 1.400 robot dan memiliki kapasitas jalur produksi otomatis yang mencapai tingkat otomatisasi 90 persen, dan 95 persen masing-masing untuk bengkel press dan pengecatan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau