Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Motor Isi Bensin, Tutup Tangki atau Dorong ke Depan Dulu?

Kompas.com - 09/06/2024, 09:01 WIB
Selma Aulia,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Setelah sepeda motor isi BBM, ada satu kebiasaan pengendara yang sering menjadi perdebatan yaitu, menutup tangki bensin atau mendorongnya ke depan terlebih dahulu.

Seperti unggahan akun Instagram @lowslowmotif, yang menuliskan jika setelah isi bensin sebaiknya maju dulu baru tutup tangki.

“Selesai isi bensin maju dulu baru tutup tangki bensinnya. Hal yang sangat sederhana, tapi membuat saudara yang mengantri senang melihatnya,” tulis akun tersebut.

Baca juga: Ini Bocoran Kendaraan yang Boleh Pakai Pertalite

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Lowslowmotif (@lowslowmotif)

Unggahan tersebut menuai banyak komentar dari warganet, ada yang berpendapat tutup tangki dulu agar aman, dan ada juga yang beranggapan dorong motor ke depan dulu agar pengendara lain bisa segera isi bensin.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, banyak yang berfikir mau yang simple.

“Mau yang cepat atau mau yang mana. Bahan bakar diisi pada tangki harus diamankan terlebih dahulu,” kata Sony kepada Kompas.com, Sabtu (8/6/2024).

Sony mengatakan, saat isi bensin jangan sampai penuh atau luber, sesuaikan saja dengan jarak yang akan ditempuh.

Baca juga: Kopling Mobil Manual Ngempos, Jangan Dipaksa Jalan

Pertamax Green 95 mulai tersedia di beberapa SPBU PertaminaKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Pertamax Green 95 mulai tersedia di beberapa SPBU Pertamina

“Tidak luber, jangan diisi sampai full atau berlebihan, cukup sesuai jarak dan waktu tempuh aja,” kata Sony.

Selain itu, untuk keamanan maka setelah isi bensin, sebaiknya segera tutup tangki. Ini untuk mengurangi risiko buruk terjadi.

“Jangan biarkan uapnya bahan bakar tersebut keluar dan bisa memancing adanya api. Segera ditutup setelah selesai diisi. Ini penting supaya tidak menimbulkan bahaya yang lebih besar,” kata Sony.

“Setelah dua hal tersebut dilakukan, baru geser motornya ke arah spot yang aman untuk melakukan persiapan berkendara,” lanjut Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com