Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Tindak Kriminal, Ini Cara Aman Keluar dari Mobil di Pinggir Jalan

Kompas.com - 04/06/2024, 11:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa modus kejahatan banyak di jumpai di jalan khususnya menargetkan pengendara mobil. Salah satunya dengan meneriaki ban mobil kempis dan sejenisnya.

Target pelaku kriminal adalah membuat mobil menepi dan pengemudi keluar dari kabin. Di saat bersamaan pelaku yang bekerja secara berkelompok dan terorganisir akan membuka pintu mobil dan mengambil barang berharga milik korban.

Tidak hanya itu, tindak kriminal juga bisa datang karena ada kesempatan maka dari itu sebagai pengguna kendaraan perlu langkah untuk mengantisipasinya.

Baca juga: Jangan Pernah Tinggalkan Remote Keyless di Dalam Mobil

Yusuf, Pemilik Bengkel spesialis immobilizer, Kunci Maestro Yogyakarta mengatakan keluar dari mobil di jalan bakal memunculkan risiko yakni adanya peluang tindak kriminal maka dari itu diperlukan cara khusus yang aman.

“Pastikan saat keluar dari mobil di tepi jalan untuk menutup pintu kembali, agar selama di luar atau di sudut blind spot, tidak ada orang lain masuk mobil lewat pintu yang tidak terawasi,” ucap Yusuf kepada Kompas.com, Senin (3/6/2024).

Yusuf mengatakan pengemudi perlu mengunci pintu dan tidak membuka jendela baik mesin dalam kondisi menyala atau hidup. Bila ingin membiarkan mesin hidup karena di dalam ada anak kecil, maka penguncian pintu ada dua cara.

Baca juga: Begini Cara Menyalakan Mesin Mobil Saat Remote Keyless Tak Berfungsi

Smartwatch pengganti remote mobil dari Otofix WatchKompas.com/Donny Smartwatch pengganti remote mobil dari Otofix Watch

“Pertama untuk mobil keluaran di bawah 2020, dengan sistem smartkey-nya untuk bisa mengunci pintu dari luar, kita harus cabut besi kunci daruratnya dan dikunci lewat lubang kunci manual,” ucap Yusuf.

Yusuf mengatakan memang agak ribet untuk mengunci pintu mobil dengan kondisi mesin menyala karena sistemnya tombol kunci di gagang pintu tidak diaktifkan oleh sistem pada saat itu.

“Tapi untuk mobil keluaran baru sudah bisa mengunci pintu mobil dari luar lewat tombol di gagang pintu meski mesin masih hidup, dengan catatan remotenya dibawa keluar mobil, bila masih di dalam tidak bisa,” ucap Yusuf.

Baca juga: Pakai Jam Tangan Ini Tidak Perlu Bawa Remote untuk Nyalakan Mobil

Remote Mercedes Benz Actros 2636KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Remote Mercedes Benz Actros 2636

Dengan cara tersebut maka semua pintu akan terkunci sehingga ketika beraktivitas di luar mobil baik memeriksa kondisi ban, atau menyusun barang bawaan di bagasi tetap aman karena tidak ada peluang orang lain masuk mobil secara sembunyi-sembunyi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com