Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Pernah Tinggalkan Remote Keyless di Dalam Mobil

Kompas.com - 29/05/2024, 09:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pada prinsipnya remote mobil dengan sistem keyless dibuat untuk mempermudah penggunanya sekaligus memberikan keamanan lebih baik.

Hanya saja, karena minimnya pengetahuan konsumen banyak kasus mobil modern pintunya terkunci dari dalam. Sehingga, mobil tidak bisa diakses dari luar bila tidak ada kunci cadangan.

Maka dari itu, remote keyless sebaiknya selalu menempel pada pengemudi agar risiko mobil terkunci dari dalam tidak terjadi.

Baca juga: Begini Cara Menyalakan Mesin Mobil Saat Remote Keyless Tak Berfungsi


Yusuf, Pemilik bengkel spesialis kunci immobilizer, Kunci Maestro Yogyakarta mengatakan sebaiknya pengemudi selalu membawa remote mobil dengan dikantongi atau dikalungkan untuk mencegah pintu mobil terkunci dari dalam.

Sistem keamanan mobil akan membaca remote keyless sebagai kuasa untuk akses, namanya juga kunci sehingga harus dipegang oleh pengemudi, jika tidak maka kendali atau akses bisa saja hilang dari sisi pengemudi,” ucap Yusuf kepada Kompas.com, Selasa (28/5/2024).

Yusuf mengatakan kebiasaan konsumen adalah meletakkan remote di konsol, laci atau area-area di dalam kabin karena menganggap tempat tersebut lebih aman dari risiko hilang dan terselip.

Baca juga: Cara Menyalakan Mesin Mobil Saat Baterai Remote Keyless Habis

Remote keyless pada Nissan X-TrailKompas.com/Erwin Setiawan Remote keyless pada Nissan X-Trail

Padahal menurut Yusuf, meninggalkan remote dalam kabin mobil sama saja melepaskan kuasa atas kendali mobil. Dalam hal ini akses seperti mengunci pintu, menyalakan mesin dan sebagainya terkonfirmasi oleh sistem.

“Artinya, sistem keamanan mobil akan memiliki izin untuk mengakses karena menggap remote dipegang oleh pengemudinya, termasuk ketika pintu terkunci maka prioritas akses berada pada sisi remote,” ucap Yusuf.

Pada saat itu pengemudi telah kehilangan akses, karena tidak memegang remote keyless. Sehingga meski pada gagang pintu terdapat tombol lock dan unlock, sistem tidak akan memberikan akses dari luar.

Baca juga: Bikin Sistem Keyless dan Start Engine via Remote mulai Rp 1,5 Jutaan

Smartwatch pengganti remote mobil dari Otofix WatchKompas.com/Donny Smartwatch pengganti remote mobil dari Otofix Watch

“Sebenarnya bisa saja tetap aman meninggalkan remote keyless di dalam mobil selama dalam pengawasan, misal saat masih di garasi mobil, sedang memanaskan mobil, menata barang bawaan, asal pastikan kaca terbuka,” ucap Yusuf.

Hanya saja karena hal tersebut tidak mungkin dilakukan di tempat terbuka seperti di jalan, parkiran umum, remote keyless sebaiknya selalu dibawa oleh pengemudi agar tidak ada peluang kehilangan akses terhadap mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com