Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandung Sumbang Penjualan Terbesar Daihatsu, Sigra Terlaris

Kompas.com - 03/06/2024, 12:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Jawa Barat jadi salah satu penyumbang penjualan kendaraan roda empat terbesar  PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Adapun dari kontribusi tersebut, Bandung jadi area yang mencatatkan penjualan terbesar bagi Jawa Barat. 

Marketing & Customer Relations Division Head Astra International Daihatsu Sales Operation Tri Mulyono menyebutkan,  Bandung Raya memberikan kontribusi 27 persen terhadap total penjualan otomotif di Jawa Barat sepanjang 2023. 

Baca juga: Aleix Espargaro Jadi test Rider Honda Musim 2025

"Kontribusi di Daihatsu di Bandung sendiri 43 persen itu dikontribusi oleh model Sigra, ini lebih besar dari kondisi Nasional.  Secara keseluruhan di Indonesia penjualan Daihatsu dikontribusi oleh Sigra, tapi hanya 32 persen totalnya, tapi di Bandung kontribusi di Bandung sampai dengan 43 persen," kata Tri pada media di ajang Daihatsu Kumpul Sahabat Bandung, Minggu (2/6/2024). 

Daihatsu Sigra di GIIAS 2023KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Daihatsu Sigra di GIIAS 2023

Baca juga: Pentingnya Pandangan Mata Saat Main Motor Trail

Lebih rinci, Tri mengatakan, secara provinsi Bandung masuk di Jawa Barat, sementara  Jawa Barat itu kalau di pasar otomotif Indonesia itu adalah provinsi kedua terbesar yang pasar otomotifnya paling besar bagi Daihatsu. 

Adapun pasar otomotif terbesar Daihatsu untuk urutan pertama adalah Jakarta, yaitu menyumbang 18,5 persen pasar otomotif Nasional. 

"Jawa Barat ada di urutan yang kedua yaitu menyumbang 15,4 persen bagi pasar otomotif Indonesia. Bandung sendiri juga demikian utamanya karena Bandung Raya itu di Jawa Barat memberikan kontribusi paling besar.  Lalu yang kedua Bekasi Raya yang menyumbang 27 persen lalu disusul oleh Bogor Raya yang menyumbang 9 persen," kata Tri.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com