Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Tak Pakai Cairan Coolant Bikin Mobil Overheat?

Kompas.com - 02/06/2024, 20:31 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Overheat atau panas berlebih menjadi momok pengguna kendaraan roda empat bermesin bakar (ICE). Itu sebabnya produsen mobil menyediakan sistem pendingin berupa air untuk mengoptimalkan proses pendinginan.

Air biasa bisa dijadikan sebagai cairan pendingin karena karakternya yang dapat menyerap panas dari mesin dan melepas panas di radiator.

Meski demikian, sebagian pihak menyarankan untuk menggunakan coolant untuk mengisi radiator karena dianggap dapat mencegah terjadinya overheat.

Lantas, apakah dengan tak memakai coolant mesin bisa overheat?

Baca juga: Jangan Tunggu Mobil Overheat, Ini Tanda Coolant Sudah Minta Ganti


Foreman Nissan Bogor Fandi Ahmad, mengatakan air pendingin mesin membutuhkan kemampuan bertahan di suhu panas, sehingga perlu dicampur dengan coolant.

“Coolant merupakan formula khusus yang didesain untuk pendingin mesin mobil, dia akan membuat air pendingin tetap berwujud cair di suhu yang sangat panas, karena titik didihnya jadi lebih tinggi” ucap Fandi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Fandi mengatakan, coolant mengandung zat aditif yang bisa membuat air tetap dalam keadaan cair meski sudah melewati suhu 100 derajat celcius. Sementara air biasa pasti akan mendidih pada suhu tersebut.

Baca juga: Selain Coolant, Ini Alternatif Cairan untuk Radiator Mobil

Reservoir air radiator pada Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Donny Reservoir air radiator pada Hyundai Ioniq 5

“Suhu mesin bisa sangat tinggi, maka dari itu membutuhkan cairan dengan titik didih lebih tinggi agar tidak mudah menguap dan cepat habis, bila air radiator habis pendinginan mesin tidak akan terjadi,” ucap Fandi.

Fandi mengatakan, overheat akan terjadi bila memang kondisi air radiator habis. Itu sebabnya pada kondisi tertentu mobil tidak overheat meski radiator pakai air biasa.

Jadi, dengan tidak memakai coolant untuk mengisi radiator maka akan meningkatkan peluang terjadinya overheat. Bukan berarti bakal terjadi secara langsung dampaknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com