Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indikator Aki Motor Menyala, Sebaiknya Dicas atau Ganti Baru?

Kompas.com - 01/06/2024, 06:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Aki jadi komponen penting pada kelistrikan motor. Aki yang melemah ditandai dengan lampu indikator yang menyala pada layar instrumen.

Ketika mendapati lampu indikator aki pada panel meter menyala, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memastikan sumber permasalahannya.

“Ada dua kemungkinan penyebab indikator aki menyala, pertama adalah arus listrik yang tak stabil dan kedua kondisi aki mulai lemah,” ujar Endro Sutarno, People & Technical Development SiTEPAT, kepada Kompas.com (31/5/2024).

Baca juga: Ingat, Mobil Matik Mogok Tidak Boleh Ditarik

aki motor motobattKompas.com/Nanda aki motor motobatt

Arus listrik yang tidak stabil, bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti mesin motor dalam kondisi dingin, atau daya aki belum sepenuhnya terisi. Kendala ini bisa terjadi kapanpun, bahkan pada aki baru.

Adapun jika penyebabnya adalah kondisi aki yang sudah melemah, maka langkah yang harus dilakukan adalah menggantinya dengan aki yang baru.

“Aki yang normal umumnya memiliki tegangan sekitar 12,3 volt sampai 12,6 volt saat mesin dalam keadaan mati,” ucap Endro.

Baca juga: Sanksi antara Tidak Punya SIM dan Tidak Bawa SIM Ternyata Beda

“Sementara saat mesin dalam keadaan menyala, normalnya aki mempunyai tegangan sekitar 13,7 volt sampai 14,2 volt,” kata dia.

Menurutnya, tegangan aki yang berada di bawah 12,4 volt perlu dicas agar kembali normal di atas 12,4 volt. Tapi jika tegangannya di bawah angka tersebut maka aki perlu segera diganti.

Selain lampu indikator, ada beberapa tanda-tanda apabila aki motor perlu diganti segera. Di antaranya ketika mesin sulit dihidupkan melalui tombol starter.

Baca juga: Kebiasaan Baru Pemilik Mobil Hybrid, Pasang AC Harus Dingin

Demonstrasi penggunaan alat pengukur tegangan aki motorKOMPAS.com/daafa Demonstrasi penggunaan alat pengukur tegangan aki motor

Hal ini menunjukkan bahwa daya pada aki sudah menurun. Sebab aki yang sudah lemah tidak dapat menghasilkan daya yang cukup untuk menghidupkan mesin.

Kemudian, suara klakson yang sudah tidak nyaring juga menjadi tanda bahwa aki mulai melemah. Termasuk juga lampu motor yang meredup.

Terakhir, usia aki yang sudah memasuki 2 tahun atau lebih juga harus diwaspadai. Karena seiring kondisi dan usia pakainya, daya aki akan melemah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com