Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pindad Maung Sedang Diproduksi di Pabrik Handal

Kompas.com - 31/05/2024, 15:09 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Pindad Maung menjadi kendaraan militer yang cukup menarik perhatian sejak diperkenalkan oleh PT Pindad (Persero) 2020.

Kabarnya, PT Pindad juga sudah membuka keran pemesanan Maung versi sipil pada 2021. Konsumen sudah bisa melakukan pemesanan mobil penggerak 4x4 yang diadopsi dari kendaraan taktis ringan (rantis) tersebut.

Namun, terkait soal prosedur atau tata cara pemesanan kendaraan buatan Bandung, Jawa Barat, yang menggunakan mesin turbo diesel tersebut, belum dijelaskan secara detail.

Baca juga: Tips Touring Pakai Motor Listrik Keliling Dunia, Jangan Berjalan dari Timur ke Barat

Saat kunjungan ke fasilitas pabrik PT Handal Indonesia Motor (HIM), Jumat (31/5/2024), yang berlokasi di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat, redaksi Kompas.com menemukan unit Pindad Maung yang sedang dalam perakitan.


Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Jokowi naik kendaraan taktis (rantis) Maung 4x4. Keduanya disopiri Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan ditemani oleh Menteri BUMN Erick Thohir, saat meninjau gudang munisi milik PT Pindad di Turen, Malang, Jawa Timur, Senin (24/7/2023).
Foto: Istimewa Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Jokowi naik kendaraan taktis (rantis) Maung 4x4. Keduanya disopiri Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan ditemani oleh Menteri BUMN Erick Thohir, saat meninjau gudang munisi milik PT Pindad di Turen, Malang, Jawa Timur, Senin (24/7/2023).

Unit Pindad berwarna hitam itu tampak belum selesai dirakit. Bagian fascia memang tidak terlihat jelas, tetapi kerangka depan tampak mirip dengan kendaraan rantis Pindad Maung.

Baca juga: Mengendari Motor, Baiknya Menyalip dari Sebelah Kanan atau Kiri?

Sebagai informasi, Maung pertama kali diperkenalkan pada 2020 untuk dipakai kalangan militer. Rantis tersebut dibekali mesin turbo diesel 2.494 cc 2GD-FTV buatan Toyota yang digunakan pada Hilux, namun tak ada konfirmasi bahwa dibangun langsung dari sasis Hilux.

Pada 2021 Pindad, memperkenalkan Maung versi sipil dalam bentuk purwarupa bernama MV2 4x4. Konsepnya mirip seperti versi militer, tetapi tidak dibekali dengan senjata dan punya fitur seperti mobil penumpang pada umumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com