Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas Macet, 780.679 Kendaraan Diprediksi Tinggalkan Jabotabek

Kompas.com - 23/05/2024, 07:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 780.679 kendaraan diprediksi PT Jasa Marga (Persero) Tbk, akan keluar meninggalkan wilayah Jabotabek selama periode libur panjang Hari Raya Waisak 2024.

Jumlah tersebut adalah kumulatif perkiraan arus lalu lintas dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, GT Cikupa (ke arah Merak), GT Ciawi (ke arah Puncak), GT Cikampek Utama (ke arah Trans-Jawa), dan GT Kalihurip Utama (ke arah Bandung).

Total volume lalu lintas yang diprediksi meninggalkan wilayah Jabotabek tersebut, naik sebesar 6,0 persen bila jika dibandingkan kondisi lalu lintas normal, yakni 736.459 kendaraan.

Seperti biasa, distribusi lalu lintas yang keluar Jabotabek didominasi ke arah Timur, yakni Trans-Jawa dan Bandung sebanyak 345.834 unit, Merak 237.373 kendaraan, dan 197.472 kendaraan menuju arah Puncak.

Baca juga: Besok dan Lusa, Jakarta Bebas Ganjil Genap

Marketing & Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani menjelaskan, proyeksi puncak lalu lintas tertinggi meninggalkan Jabotabek akan terjadi pada hari Rabu, 22 Mei 2024, sebesar 169.321 kendaraan atau naik 21,9 persen dari kondisi normal.

Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) yang meraih predikat jalan tol terbaik di IndonesiaJasa Marga Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) yang meraih predikat jalan tol terbaik di Indonesia

"Dengan melihat peningkatan volume kendaraan yang akan meninggalkan wilayah Jabotabek, Jasa Marga memastikan kesiapan layanan operasi jalan tol Jasa Marga Group berjalan dengan optimal. Terutama di ruas jalan tol yang berpotensi menjadi destinasi wisata favorit pengguna jalan saat libur panjang, di antaranya Jalan Tol Jagorawi untuk ke arah Puncak dan sekitarnya, serta Jakarta-Cikampek dan Cipularang untuk menuju Trans-Jawa dan Bandung," ucap Faiza dalam keterangan resminya, Rabu (22/5/2024).

Selanjutnya, Jasa Marga juga memastikan keberfungsian peralatan tol pada gardu serta menambah jumlah petugas serta mobile reader untuk menambah kapasitas transaksi di gerbang tol utama.

Baca juga: Liburan Waisak Pakai Mobil Pribadi, Perhatikan Waktu Rawan Kecelakaan

Tidak hanya di gerbang tol, potensi terjadinya kepadatan di lajur pun juga telah diantisipasi dengan penempatan petugas di titik-titik rawan kepadatan guna mempercepat penanganan gangguan kendaraan pada lajur serta mengatur lalu lintas.

Jasa Marga juga siap mendukung rekayasa lalu lintas atas diskresi Kepolisian, seperti contraflow, dengan menempatkan petugas dan rambu-rambu pendukung.

GT Cikampek Utama 1.Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk GT Cikampek Utama 1.

Faiza menambahkan, menjelang libur panjang pihaknya juga memastikan layanan preservasi/pemeliharaan agar kualitas jalan tol Jasa Marga Group terjaga dalam kondisi baik.

"Sementara untuk layanan di rest area, Jasa Marga menjaga fasilitas umum seperti toilet dan mushola beroperasi dengan baik dan optimal. Kami juga akan berkoordinasi dengan pihak Kepolisian jika dibutuhkan diskresi untuk melakukan buka tutup rest area dengan melihat kapasitas parkir yang tersedia," ucap Faiza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com