Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Mobil Listrik Bikin Hijau WFF Ke-10 di Bali

Kompas.com - 22/05/2024, 15:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 366 mobil listrik berbasis baterai dari sejumlah pabrikan otomotif kembali meramaikan perhelatan internasional, yakni World Water Forum (WFF) ke-10 di Bali pada 18-25 Mei 2024.

Sebagaimana acara kenegaraan sebelumnya, deretan jajaran kendaraan ramah lingkungan tersebut berasal dari Toyota, Hyundai, dan Wuling. Mobil dipakai untuk sejumlah aktivitas disesuaikan modelnya.

Misalnya Ioniq 6 yang dipakai untuk melayani tamu kenegaraan. Diimpor dari Korea Selatan langsung, Hyundai meminjamkan 36 unit untuk memenuhi permintaan selama pergelaran terkait.

Baca juga: Layanan Samsat Tutup Saat Libur Waisak dan Cuti Bersama

Kendaraan melintas di jalan yang pinggirnya dihiasi baliho World Water Forum ke-10 dan penjor atau hiasan janur kuning khas Bali di jalan Ngurah Rai, Nusa Dua, Bali, Jumat (17/5/2024). Pemerintah memasang penjor, baliho dan spanduk di sejumlah jalan protokol di Bali untuk memeriahkan World Water Forum ke-10 yang akan berlangsung pada 18-25 Mei 2024.ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI Kendaraan melintas di jalan yang pinggirnya dihiasi baliho World Water Forum ke-10 dan penjor atau hiasan janur kuning khas Bali di jalan Ngurah Rai, Nusa Dua, Bali, Jumat (17/5/2024). Pemerintah memasang penjor, baliho dan spanduk di sejumlah jalan protokol di Bali untuk memeriahkan World Water Forum ke-10 yang akan berlangsung pada 18-25 Mei 2024.

Sementara itu, dikirimkan juga 50 unit Ioniq 5 yang sudah dirakit secara lokal dengan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) 40 persen. Mobil digunakan para delegasi sebagai kendaraan operasional.

"Keterlibatan kami di WFF 2024 menegaskan keandalan Hyundai dalam menunjang berbagai kebutuhan mobilitas, khususnya kendaraan yang aman dengan kenyamanan tingkat tinggi," kata President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cha, dalam keterangannya.

Sementara Wuling selaku merek mobil asal China meminjamkan 150 unit mobil listrik yang terdiri Air ev, Binguo EV, dan Cloud EV. Ini kali pertama perusahaan menurunkan jajaran lini BEV lengkapnya di acara kenegaraan.

Test drive Wuling Cloud EVKompas.com/Adityo Test drive Wuling Cloud EV

"Dalam forum internasional terbesar di sektor air ini, kami mengerahkan Wuling EV yang terdiri dari Air EV, Binguo EV, dan Cloud EV," kata Dian Asmahani selaku Sales & Marketing Director Wuling Motors.

Ia merinci mobil yang dipinjamkan perusahaan ke perhelatan WFF yakni 16 unit Air EV, 84 unit Binguo EV, dan 50 unit Cloud EV.

Adapun Toyota Indonesia melalui PT Toyota Astra Motor menyediakan 130 mobil listrik bZ4x untuk digunakan sebagai kendaraan operasional pada acara sama. Model ini menjadi satu-satunya SUV listrik di antara semua penyedia.

Baca juga: Hybrid di Motor Yamaha Cuma Gimik atau Memberi Kontribusi Nyata?

Toyota bZ4X WWF 2024TAM Toyota bZ4X WWF 2024

"Suatu kehormatan bagi TAM karena kembali dipercaya Pemerintah Indonesia untuk menyediakan kendaraan elektrifikasi yang dipakai di acara kenegaraan skala internasional," kata Vice President Director TAM, Henry Tanoto.

Rangkaian WFF 2024 sudah dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo pada Senin (20/5/2024). Acara ini dihadiri oleh sejumlah kepala negara, delegasi, dan pebisnis, termasuk pendiri Tesla dan SpaceX, Elon Musk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com