Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal, Menyalip Kendaraan di Jalan Tol Ada Aturannya

Kompas.com - 27/04/2024, 13:42 WIB
Selma Aulia,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

 

SOLO, KOMPAS.com - Berkendara di jalan tol atau jalan bebas hambatan tidak boleh sembarangan, mulia dari kecepatannya hingga cara menyalip ada aturannya.

Khusus untuk tata cara menyalip mobil di jalan tol, pengemudi harus berhati-hati dan memperhatikan keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Seperti unggahan video TikTok @keemaanaaja, di mana terlihat sebuah truk boks yang ingin menyalip truk lainnya dari kanan jalan, secara tiba-tiba dan hampir menabrak mobil yang sedang.

Baca juga: Bus PO Menggala Rilis Bus Baru, Pakai Bodi Jetbus 5 dan Avante H8

@keemaanaajaa Entah siapa yang benar ?? #semarang #srondol #jatingaleh #dashcamownerindonesia #keemaanaajaa #70maiM500 ? Dj Entah Siapa Yang Salah - Alengka Record

Kebiasaan menyalip tanpa melihat keadaan sekitar seperti tersebut sangat berisiko dan berbahaya.

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, sebelum menyalip kendaraan pengemudi harus memperhatikan keadaan.

“Pastikan diperbolehkan, pastikan diperlukan, dan pastikan aman,” kata Marcell kepada Kompas.com, belum lama ini.

Pengemudi juga harus memastikan tidak ada kendaraan dari belakang yang ingin mendahului, serta jarak kendaraan di depan cukup jauh.

“Pastikan juga pengemudi yang didahului mengetahui kalau kita mampu mendahului dan pastikan kendaraan kita mampu,” kata Marcell.

Baca juga: Video LCGC Calya Terjebak di Jalan Berlumpur, Kelemahan FWD


Sementara Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menjelaskan, setelah berhasil menyalip jangan terlalu lama berada di lajur kanan.

“Jangan terlalu lama di lajur kanan agar tidak pengguna jalan lain yang menyalip lewat sisi kiri,” kata Sony.

Berdiam terlalu lama di lajur kanan berisiko karena masih banyak mobil yang kecepatannya lebih kencang.

Penyesuaian tarif integrasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Layang MBZ diberlakukan mulai Sabtu (09/03/2024) pukul 00.00 WIB.Dok. Jasa Marga Penyesuaian tarif integrasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Layang MBZ diberlakukan mulai Sabtu (09/03/2024) pukul 00.00 WIB.

“Pengemudi yang diam di lajur kanan ini menyangkut ego. Cara berpikir mereka yang selalu ingin lancar dan cepat,” kata Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com