Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polytron Jamin Harga Sewa Baterai Motor Listrik Tidak Akan Naik

Kompas.com - 26/04/2024, 15:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

SEMARANG, KOMPAS.com - Polytron menjadi satu produsen motor listrik yang memakai sewa baterai. Jadi ketika beli Fox R atau Fox S, setiap bulannya harus bayar Rp 125.000 (Fox S) dan Rp 200.000 buat Fox R.

Biaya tersebut nantinya ditagih lewat aplikasi Polytron dan pemilik motor tinggal membayar saja. Sudah berjalan sekitar satu tahun, Polytron menjamin kalau biaya sewanya tidak akan naik.

CEO Polytron, Hariono menjelaskan, biaya sewa baterai motor listrik Polytron tidak akan naik sampai waktu yang tidak ditentukan.

 Baca juga: Tampilan Polytron Fox R Pakai Livery, Masih Belum Dijual

Baterai Polytron Fox R dan Fox SKompas.com/Adityo Baterai Polytron Fox R dan Fox S

"Pasti tidak ada kenaikan," kata Hariono di Semarang, Rabu (24/4/2024).

Polytron memang berkomitmen tidak mau merepotkan konsumen dengan baterai. Bahkan ada garansi seumur hidup, jadi kalau kesehatan baterai ada di bawah 85 persen, bisa tukar dengan yang baru, tanpa biaya.

Ilman Fachrian Fadly, Head of Product Polytron EV mengatakan, biaya sewa tersebut sudah mengikuti harga baterai saat ini yang bisa dibilang masih tinggi.

 Baca juga: Notifikasi Tilang ETLE Bisa Dikirim Lewat Whatsapp

"Pasti nanti kalau industri makin ramai, harga baterai jadi bersaing. Kalau komponennya lebih turun (harga), pasti (biaya sewa) akan lebih bersaing lagi," kata Ilman.

Polytron sudah punya fasilitas sendiri untuk merakit baterai, tepatnya di Sidorekso, Jawa Tengah. Baterainya sudah lolos standarisasi IP 67, jadi tahan saat direndam air dan debu.

Soal sewa, misal pemiliknya tidak membayar, maka akan diberi peringatan terlebih dahulu. Kalau masih tidak digubris, maka performa motor akan dibatasi bahkan sampai dimatikan dari jauh, jadi tidak bisa digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com