Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polytron Pastikan Baterai Fox R dan Fox S Kedap Air, Aman Saat Hujan

Kompas.com - 26/04/2024, 09:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Baterai Polytron Fox R dan Fox S sudah lolos uji sertifikasi IP 67. Artinya, baterai tersebut sudah kedap dan tahan air saat terendam sampai kedalaman satu meter dan selama 30 menit.

Saat berkunjung ke Pabrik Polytron yang ada di Krapyak, pusat R&D motor listrik, di sana ada motor dan baterainya yang sengaja direndam pada kedalaman 30cm. Pada kondisi tersebut, motor masih bisa dinyalakan dan beroperasi.

Hariono, CEO Polytron mengatakan, baterai yang sudah lolos sertifikasi IP 67 ini artinya tahan air. Kualitas tersebut juga yang digaransi oleh Polytron.

Baca juga: Lihat Langsung Produksi Sepeda Motor Listrik Polytron

Pengujian IP 67 pada baterai motor listrik PolytronKOMPAS.com/FATHAN Pengujian IP 67 pada baterai motor listrik Polytron

"Air otomatis tidak akan masuk. Kalau masuk pasti kita garansi," kata Hariono di Semarang, Rabu (24/4/2024).

Pada proses perakitan baterai di pabrik, diperlihatkan pemasangannya yang presisi. Bahkan, sebelum dipasang, dites dulu kemampuan baterai soal kekedapan. Dipastikan semua komponen yang digunakan di motor sudah lolos uji.

Ilman Fachrian Fadly, Head ofProduct Polytron EV, mengatakan, punya sertifikasi IP 67 pada baterai bukan berarti disarankan buat dipakai di jalanan yang terendam banjir.

Baca juga: Chery Tiggo 9 PHEV Debut Dunia di Beijing Auto Show 2024


"Banyak yang beredar di media sosial itu dari para pemakai. Cuma memang baterai sudah diuji, motor direndam di kedalaman satu meter dan didiamkan 30 menit, itu masih bisa bekerja," kata Ilman.

Motor memang lolos uji tersebut, cuma Ilman menekankan untuk tidak dipakai saat banjir. Tapi setidaknya kalau dalam kondisi darurat motor terendam banjir, maka motor masih bisa digunakan.

"Ini bukan motor amfibi. Efek lainnya pasti akan ada, ke mana-mana (kalau dipakai melewati banjir)," kata Ilman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com