Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nilai Tukar Rupiah Melemah, Harga Motor Listrik Subsidi Belum Naik

Kompas.com - 23/04/2024, 15:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Belakangan ini nilai tukar rupiah terhadap dolar AS melemah, di mana dalam beberapa hari terakhir masih bertahan di level Rp 16.200 per dolar AS.

Seperti diketahui, kenaikan kurs dolar Amerika Serikat sedikit banyak memberi dampak terhadap perekonomian Indonesia.

Dari sisi industri otomotif, menguatnya nilai dolar AS biasanya memengaruhi harga jual. Namun demikian, harga motor listrik subsidi dipastikan belum naik.

Baca juga: Cara Cek Kendaraan Kena Tilang ETLE atau Tidak

Ilustrasi subsidi Rp 7 juta untuk pembelian motor listrik. KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Ilustrasi subsidi Rp 7 juta untuk pembelian motor listrik.

“Sejauh ini di tempat kami tidak ada diskusi terhadap nilai tukar rupiah terhadap dolar AS,” ujar Ketua Umum Asosiasi Industri Motor Listrik Indonesia (Aismoli) Budi Setiyadi, kepada Kompas.com (23/4/2024).

“Di antara pabrikan ini belum ada yang mengeluh tentang itu. Jadi saya kira persoalan itu kan tidak hanya di pabrik sepeda motor saja, tapi di semua aspek,” kata dia.

Budi menambahkan, saat ini motor listrik subsidi bukan produk impor, melainkan sudah diproduksi secara lokal dengan TKDN minimal 40 persen.

Baca juga: Kisah Bule Touring Sendirian di Indonesia, Numpang Berteduh dan Dijamu Makan Warga

“Kalau sudah masuk Sisapira, artinya harga itu adalah harga yang sudah dipatok sesuai dengan TKDN. Karena komponen lokalnya sudah cukup banyak juga,” ucap Budi.

“Jadi saya kita pengaruhnya mungkin ada, tapi tidak terlalu banyak banget. Belum (naik harga), tetap segitu,” ujarnya.

Sebagai informasi, daftar motor listrik subsidi telah mencapai 57 model per 23 April 2024. Bisa dibilang, harga motor listrik ini belum mengalami kenaikan sejak masuk daftar Sisapira pada tahun lalu.

Dari sekian model, Exotic Sterrato jadi yang paling murah dengan banderol Rp 5,59 juta. Sedangkan untuk motor listrik subsidi termahal adalah United TX3000 yang dijual Rp 42,9 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com