Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Lampu Indikator BBM Mobil Menyala

Kompas.com - 23/04/2024, 11:02 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Mobil dilengkapi instrumen panel sebagai informasi kepada pengemudi terkait kondisi beberapa sistem kendaraan. Salah satunya adalah sistem bahan bakar.

Dengan adanya lampu indikator BBM maka diharapkan tidak terjadi kehabisan bahan bakar di perjalanan. Pengemudi bisa memperkirakan jarak yang masih bisa ditempuh dengan sisa BBM di tangki.

Elin Estanto, Pemilik GK Auto Service Gunung Kidul mengatakan bila lampu indikator BBM menyala artinya level volumenya sudah hampir habis atau terjadi kerusakan sensor.

Baca juga: Viral, Video Mobil Pelat Merah Isi BBM Bersubsidi di Pertamina Semarang

Polisi saat membantu pemudik yang kehabisan BBM di jalan tol Jakarta - Cikampek, Senin (15/4/2024)KOMPAS.COM/FARIDA Polisi saat membantu pemudik yang kehabisan BBM di jalan tol Jakarta - Cikampek, Senin (15/4/2024)

“Seharusnya lampu indikator BBM akan menyala saat BBM sudah mau habis, dengan demikian pengemudi bisa mengarahkan kendaraan ke pom bensin, tapi bila setelah diisi lampu indikator tetap menyala ada kemungkinan kerusakan terjadi,” ucap Elin kepada Kompas.com, Selasa (22/4/2024).

Elin mengatakan kerusakan yang umum terjadi pada indikator BBM ada pada variable resistor yang ada hubungannya dengan pelampung.

“Biasanya sensor volume BBM atau variable resistornya kotor, sehingga pelampung tidak bisa membaca nilai hambatan dengan baik, akibatnya informasi yang diperoleh pengemudi terkait volume BBM tidak akurat,” ucap Elin.

Baca juga: Total Konsumsi BBM Selama Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

Oto Journey 2024-Hasil BBM Yaris Cross Hybrid Jakarta-SurabayaKOMPAS.com Oto Journey 2024-Hasil BBM Yaris Cross Hybrid Jakarta-Surabaya

Selain sensornya, lampu indikator BBM menyala bisa disebabkan oleh suplai listrik yang menuju ke sensor bermasalah atau kurang dari 12 volt.

“Misal kabelnya putus digigit hewan, terjepit maka arus listriknya akan terhambat sehingga meski nilai hambatan dari resistor kecil sistem tetap akan memberikan informasi bahwa level BBM sudah mau habis,” ucap Elin.

Meski demikian, Elin mengatakan bisa atau tidaknya sensor volume BBM tergantung dari jenis kerusakan. Bila dengan dibersihkan tidak bisa mengubah keadaan maka penggantian onderdil menjadi solusi terakhir.

Baca juga: Tangki Kendaraan Disebut Perlu Dikuras Rutin Apa Pun Jenis BBM-nya, Ini Kata Ahli

Ilustrasi pengisian BBM. Dok. SHUTTERSTOCK Ilustrasi pengisian BBM.

“Nanti setelah dibersihkan dan diperbaiki pasti diukur tahanannya, bila angka sudah tidak masuk spesifikasi maka sensor fuel sender bisa diganti,” ucap Elin.

Elin mengatakan bila tidak ada kerusakan, lampu indikator pasti menyala saat level BBM di tangki mobil sudah hampir habis atau pelampung sudah mentok pada posisi paling bawah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com