Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang Kebelet Buang Air Saat Bus Berhenti, Buang Air di Mana?

Kompas.com - 18/04/2024, 14:04 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kembali terjadi penumpang yang salah menggunakan fasilitas toilet yang ada di kabin bus. Dia malah buang air kecil saat bus sedang berhenti di terminal, mengakibatkan aspal terminal bau.

Sebenarnya sudah jelas di toilet bus kerap dipasang peringatan bahwa cuma bisa digunakan untuk buang air kecil dan saat bus berjalan. Berarti kalau penumpang paham, saat bus berhenti maka toilet tidak bisa digunakan.

Menanggapi hal tersebut, Pemilik PO Sumber Alam, Anthony Steven Hambali, mengatakan, penumpang kadang diingatkan mengingat di pintu toilet sudah jelas ada peringatannya.

Baca juga: PO JRG Luncurkan 4 Bus Baru Pakai Bodi Jetbus 5

Toilet busKompas.com/Fathan Radityasani Toilet bus

"Saya rasa jarang diingatkan (oleh kru bus). Biasanya di toilet ditulis 'hanya digunakan saat kendaraan berjalan'," ucap Anthony kepada Kompas.com, Kamis (18/4/2024).

Jadi buat penumpang, kalau mau buang air kecil atau besar saat bus berhenti di terminal, jangan pakai toilet yang ada di bus. Bisa bilang ke pengemudi atau kru untuk ke toilet yang ada di terminal.

Baca juga: Bus AKAP Pahala Kencana yang Terbakar di Jalan Tol karena Pecah Ban


"Sebaiknya begitu (izin), jangan sampai ditinggal," kata Anthony.

Begitu juga buat buang air besar, kalau bus sedang berjalan, komunikasikan dengan pengemudi dan kru. Nanti akan dicarikan titik berhenti terdekat yang ada toiletnya, seperti di SPBU atau minimarket.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com