Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Dibawa Pulang Kampung, Hindari 2 Tempat Parkir Ini

Kompas.com - 10/04/2024, 07:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah telah tiba dan sebagian besar pemudik sudah sampai di kampung halaman masing-masing, untuk merayakan momen berkumpul bersama keluarga.

Walaupun sedang merayakan momen liburan, pemudik dianjurkan untuk tetap berhati-hati dan menjaga mobil untuk menghindari terjadinya kendala-kendala membahayakan.

Satu hal sepele namun sebaiknya tidak diabaikan adalah seputar lokasi parkir mobil. Pasalnya, ada beberapa area yang sebaiknya dihindari.

Noval Al-Hudah, Mekanik Senior Mitsubishi Prabu Pendawa Motor menjelaskan, dua lokasi dimaksud yakni di bawah pohon-pohon buah dan di atas gorong-gorong atau selokan.

Baca juga: Polres Depok Persilakan Warga Titip Kendaraan di Kantor Polisi

Memoles kendaraan untuk membersihkan noda seperti getah pohon cukup mudahSetyo Adi/Otomania Memoles kendaraan untuk membersihkan noda seperti getah pohon cukup mudah

1). Bahaya parkir di bawah pohon.

Menurut Noval, pohon-pohon buah seperti mangga punya getah lengket dan bisa jatuh sewaktu-waktu. Jika mengenai cat bodi mobil, nodanya cukup sulit dihilangkan.

“Menghilangkannya repot, apalagi kalau sudah terlanjur keras. Clear coat mobil pasti rusak, minimal bikin noda,” ucapnya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (9/4/2024).

Noval menganjurkan pemilik untuk menyiapkan aksesori simpel berupa sarung mobil, supaya noda-noda berbahaya seperti getah pohon tidak menempel di bodi.

Baca juga: Motor Listrik Sport Fairing dari Yadea, Kemper RC

kompartemen sekring mobil alias fuse box di dekat mesin mobil Flickr/ShinShin kompartemen sekring mobil alias fuse box di dekat mesin mobil

2). Bahaya parkir di atas gorong-gorong.

Gorong-gorong alias selokan dinilai membahayakan bukan sebab potensi amblas atau terperosok, namun karena lokasi ini biasanya jadi tempat bersarang tikus.

Untuk diketahui, tikus terkenal bisa merusak beberapa komponen vital mobil, seperti kabel kelistrikan bahkan selang-selang bensin.

“Baiknya cari lokasi yang tidak dempet persis dengan selokan, bahaya kalau sampai dimasuki tikus,” ucap Noval.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com