Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Truk yang Dilarang Beroperasi Saat Arus Mudik

Kompas.com - 08/04/2024, 09:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk menjaga arus mudik pada Lebaran 2024 Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melarang atau membatasi jumlah truk-truk besar yang melintas di Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Tujuannya agar para pemudik yang berjumlah ribuan kendaaan baik mobil dan sepeda motor tidak bertemu langsung dengan truk besar di jalan baik saat Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran 2024.

Baca juga: Menikmati Layanan Servis HEV di Posko Siaga Toyota Ungaran

Iman Sukandar, Kasubdit Angkutan Perkotaan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), mengatakan, truk besar tidak boleh beroperasi selama 10 hari yaitu H -5 sampai H +5 Lebaran 2024.

Truk trintonBambang Widjanarko Truk trinton

"Mulai hari ini, H minus 5 sampai H plus 5," ujar Iman yang ditemui di Bekasi, Jawa Barat, Jumat (5/4/2024).

Iman mengatakan, truk yang dibatasi ialah truk yang memiliki jumkah sumbu lebih dari dua, yaitu truk dengan tiga gardan dan lebih.

"Ya memang ada pembatasan yang sumbu di atas dua, yaitu sumbu tiga ke atas. Itu ada pembatasan di ruas-ruas tertentu," ujar Iman.

Baca juga: Bahaya Tradisi Menyapu Koin di Indramayu, Patut Ditertibkan

"Kemudian tapi ada pengecualian beberapa bahan pokok, atau jika truk mengangkut bahan penting. Kemudian untuk ekspor dan lain sebagainya, dan tentu ini dengan pengawasan," ujar Iman.

Hino700 Series Profia SS1E Tractor Head.Hino Hino700 Series Profia SS1E Tractor Head.

Truk yang memiliki 3 sumbu roda ialah truk tronton, dengan jumlah roda 10 berkonfigurasi roda 1-2-2. Kapasitas muatan tronton berkisar antara 10-20 ton dan volume berkisar antara 20-30 meter kubik.

Baca juga: Tradisi Menyapu Koin di Indramayu Bikin Pengendara Motor Terjatuh

Sedangkan truk yang punya 4 sumbu roda disebut truk trinton. Biasanya merupakan truk trailer dengan panjang lebih dari 20 kaki dan memiliki jumlah 4 sumbu sampai 5 sumbu.

Ada juga jenis truk lainnya yaitu tractor head yang memiliki 6 sumbu dengan total 12 ban. Semakin banyak sumbu dan roda pada suatu truk semakin besar pula kapasitas muatan yang mampu diangkut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com