Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket Feri Merak-Bakauheni Sudah Habis buat Semua Kendaraan sampai 8 April

Kompas.com - 07/04/2024, 09:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengapresiasi antusiasme pengguna jasa yang menggunakan kapal feri selama periode mudik Lebaran tahun ini. Disebutkan bahwa tiket kapal feri buat semua kendaraan sudah habis terjual.

Memasuki H-4 mudik Lebaran, volume penumpang dan kendaraan yang menyeberang dari Pulau Jawa menuju Sumatera terus meningkat.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin, mengatakan, bahwa sesuai prediksi rencana operasi Angkutan Lebaran 2024, puncak arus mudik penyeberangan terjadi pada Sabtu (6/4/2024) atau H-4 hingga Minggu (7/4/2024).

Baca juga: Banyak Diprotes, Polisi Ungkap Alasan Penerapan Ganjil Genap Mudik

Suasana Pelabuhan Merak menjelang arus mudik Lebaran 2024, Minggu (31/3/2024).KOMPAS.com/RASYID RIDHO Suasana Pelabuhan Merak menjelang arus mudik Lebaran 2024, Minggu (31/3/2024).

"Volume kendaraan menuju Pelabuhan Merak terus meningkat sejak Sabtu pagi hingga sore hari," ujar Shelvy, dalam keterangan resmi, Sabtu (6/4/2024).

ASDP juga mencatat bahwa total penumpang yang menyeberang di lintas Merak-Bakauheni dari H-7 sampai H-5 mencapai 222.000 orang dan 46.250 unit kendaraan.

Tingginya antusiasme pemudik membuat tiket feri, baik itu baik layanan ekspress dan reguler rute Merak-Bakauheni habis terjual hingga jadwal keberangkatan 8 April 2024.

Baca juga: Kecelakaan Anggota DPRD di Cipali, Jangan Berkendara Saat Mengantuk

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat yang ingin menyeberang dari Jawa ke Sumatera agar kembali melakukan pembelian tiket setelah tanggal 8 April 2024 demi kenyamanan, keamanan pengguna jasa dalam melakukan perjalanan dengan kapal ferry khususnya di momen mudik Lebaran tahun ini," ucap Shelvy.

Saat ini, tiket yang tersedia hanya untuk pejalan kaki baik layanan ekspress maupun reguler di Pelabuhan Merak. Dan tiket bagi pemudik motor yang masih tersedia via Pelabuhan Ciwandan-Banten.

"Untuk kendaraan roda dua yang di Pelabuhan Ciwandan saat ini masih tersedia 30 persen karena sudah terjual 70 persen," kata Shelvy.

Baca juga: Ingat, Ganjil Genap di Jalur Puncak Bogor Berlaku Mulai Hari Ini

Gelombang pemudik yang baru tiba di Dermaga 1 Pelabuhan Bakauheni, Sabtu (6/4/2024) malam. Waktu sandar kapal di Pelabuhan Bakauheni kini dipersingkat untuk membantu penguraian penumpukan penumpang di Pelabuhan Merak.KOMPAS.COM/TRI PURNA JAYA Gelombang pemudik yang baru tiba di Dermaga 1 Pelabuhan Bakauheni, Sabtu (6/4/2024) malam. Waktu sandar kapal di Pelabuhan Bakauheni kini dipersingkat untuk membantu penguraian penumpukan penumpang di Pelabuhan Merak.

Shelvy menambahkan bahwa pihaknya telah melakukan sosialisasi masif bahwa pembelian tiket online Ferizy dapat dilakukan sejak 60 hari sebelum hari keberangkatan.

Sehingga dengan melakukan reservasi perjalanan lebih awal maka perjalanan menjadi lebih terjamin, lebih aman, dan tidak perlu mengantre.

"Pastikan beli tiket online secara mandiri hanya di website Ferizy di trip.ferizy.com atau aplikasi Ferizy dan mitra resmi Ferizy,” ucap Shelvy.

“Mohon kerja sama pengguna jasa, jangan membeli tiket ketika baru menuju ke pelabuhan, dan hindari membeli tiket via calo di area pelabuhan, " ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com