Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik Harus Gantian Saat Istirahat di Rest Area

Kompas.com - 07/04/2024, 07:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


CIKARANG, KOMPAS.com - Mudik Lebaran merupakan aktivitas yang menuntut fisik. Ribuan mobil melintasi jalan tol dalam waktu berdekatan sehingga membuat penuh rest area atau tempat beristirahat.

Untuk itu Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan berharap para pemudik untuk saling memahami dan bergantian memakai rest area agar semua pihak bisa beristirahat.

Baca juga: Fabio Quartararo Jadi Pebalap MotoGP dengan Gaji Tertinggi

GT Kalikangkung. Berikut daftar tarif Tol Trans Jawa untuk kendaraan Golongan I pada momen Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Ada diskon tarif tol pada sejumlah ruas.JASA MARGA GT Kalikangkung. Berikut daftar tarif Tol Trans Jawa untuk kendaraan Golongan I pada momen Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Ada diskon tarif tol pada sejumlah ruas.

"Memang luar biasa, tidak ada ya tapi masih kita bisa kelola untuk rest area ini saya harapkan toleransi dari para pemudik ya untuk saling memahami, sehingga penggunaan rest area ini bisa bergantian," kata Aan dalam keterangan resmi, Sabtu (6/4/2024).

"(Pemudik) tidak memaksakan untuk masuk ke rest area silakan keluar di exit tol terdekat di situ banyak ke restoran setelah istirahat bisa masuk lagi," katanya.

Aan juga mengatakan, selama pergerakan arus mudik pihaknya terus memantau pergerakan arus mudik-balik baik di jalur tol, arteri, penyebrangan dan destinasi wisata.

Baca juga: Pentingnya Jaga Batas Kecepatan Aman di Jalan Tol Saat Mudik

Kendaraan masuk ke Rest Area 456 A ruas Tol Semarang-Solo pada Sabtu (06/04/2024) sore.Kompas.com/Muhdany Yusuf Laksono Kendaraan masuk ke Rest Area 456 A ruas Tol Semarang-Solo pada Sabtu (06/04/2024) sore.

Kemudian hingga saat ini penerapan ganjil genap masih diberlakukan sesuai dengan SKB pada pemberlakuan rekayasa lalu lintas di kilometer nol Jakarta-Cikampek sampai dengan Km 414.

Penerapan ganjil genap akan berlaku selama masa arus mudik mulai 5 April 2024 dan arus balik pada 12 April 2024.

Untuk arus mudik dimulai dari Km 0 ruas Tol Dalam Kota Jakarta sampai Km 414 ruas Tol Semarang-Batang. Sedangkan arus balik diberlakukan sebaliknya, yakni dari Km 414 ruas Tol Semarang-Batang sampai Km 0 ruas Tol Dalam Kota Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com