Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Terapkan Contraflow Tol Jakarta-Cikampek, Minggu 7 April 2024

Kompas.com - 07/04/2024, 07:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 


JAKARTA, KOMPAS.com - Polisi kembali memberlakukan contraflow atau rekayasa lalu lintas lawan arus di jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) untuk mengantisipasi kemacetan saat arus Mudik Lebaran, Minggu (7/4/2024).

Dilansir dari akun resmi Korlantas Polri NTMC, pada Minggu, 7 April 2024, contraflow Tol Jakarta-Cikampek akan berlangsung pada Km 36 sampai Km 70 dengan dua skema pengendalian.

Baca juga: Fabio Quartararo Jadi Pebalap MotoGP dengan Gaji Tertinggi

Skema pertama mulai dari Km 36-Km 47 yaitu 1 lajur, khusus untuk lajur 3 dan lajur 4 dari arah Jakarta yang diperbolehkan masuk ke contraflow.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by NTMC Korlantas Polri (@korlantaspolri.ntmc)

Sedangkan skema kedua untuk Km 47-Km 70 yaitu 2 lajur, khusus untuk lajur 3 dari arah Jakarta yang diperbolehkan masuk ke contraflow.

Disebutkan bahwa kendaraan yang masuk jalur contraflow di Tol Japek diperuntukkan buat kendaraan yang menuju Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) menuju arah timur Pulau Jawa yaitu ke Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Contra Flow Jakarta Cikampek dari KM 36 S.D KM 70. Bagi para pengendara diimbau untuk selalu hati-hati dan mematuhi arahan petugas di lapangan," tulis keterangan akun dikutip, Minggu (7/4/2024).

Baca juga: PO Sinar Jaya Tambah 3 Bus Baru, Pakai Bodi Skylander R22

Tol JapekDok. Jasa Marga Tol Japek

"Pelaksanaan contraflow bersifat situasional sesuai diskresi kepolisian," tulis keterangan akun.

Sebelumnya, Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan menyebutkan, contraflow dan one way diberlakukan mulai Jumat malam (5/4/2024), berdasarkan pertimbangan meningkatnya jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta.

"Arus lalu lintas dari 3 sumber di Jakarta, dari Jati Asih, Pondok Indah, dan sekitarnya, kemudian dari Utara sudah meningkat terus setiap jamnya. Sudah melebihi parameter yang sudah kami tentukan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com