Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Motor Honda Beat Ngebul di Tanjakan

Kompas.com - 04/04/2024, 11:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Melakukan perawatan sepeda motor perlu dilakukan pemilik secara rutin agar kinerja mesin tetap optimal dan tidak mengalami masalah.

Seperti video yang diunggah akun Instagram @info_jabodetabek, Selasa (2/4/2024), di mana memperlihatkan motor matik Honda Beat yang mengeluarkan asap dari area CVT saat melewati tanjakan.

Baca juga: PO Medan Jaya Rilis Bus Baru Pakai Tameng Kaca Depan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Info Jabodetabek (@info_jabodetabek)

Menanggapi hal tersebut, Andre, Pemilik Workshop Dhinata Jaya Garage Wonogiri, Jawa Tengah mengatakan, hal tersebut terjadi karena terdapat komponen yang sudah aus sehingga terjadi kebocoran.

“Itu mungkin ring piston dan pistonnya sudah aus, jadi kompresinya bocor dan masuk ke mesin,” kata Andre kepada Kompas.com, Rabu (3/4/2024).

Andre melanjutkan, itu juga dibarengi seal kruk as bocor yang mengakibatkan keluarnya asap dari CVT

Baca juga: Insulator Busi Mobil Lebih Rawan Retak Ketimbang Motor


“Seal kruk as-nya juga bocor itu, oli yang terbakar karena kompresi yang bocor tadi masuk ke area CVT jadi menyebabkan ngebul dari area CVT,” kata Andre.

Andre, juga mengatakan jika sebelum terjadi hal tersebut biasanya sudah ada tanda-tandanya.

“Sebelumnya pasti sudah ada gejala tapi tetap dipaksakan. Biasanya knalpot berasap sama suara mesin kasar, sebenarnya banyak tanda-tandanya tapi yang paling terasa itu,” kata Andre.

Menurut Andre, jika sudah mengalami hal tersebut, pemilik harus sering-sering cek oli saja. Jika berkurang langsung ditambah atau lebih baik diganti olinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com