Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Oil Pan Mobil Bocor Saat Melewati Jalan Jelek

Kompas.com - 03/04/2024, 09:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SLEMAN, KOMPAS.com - Periode mudik Lebaran 2024 diprediksi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bakal diwarnai oleh guyuran hujan sedang hingga lebat di sejumlah daerah di Tanah Air.

Maka dari itu, calon pemudik harus mempersiapkan diri khususnya bila hendak melaukan perjalan menggunakan mobil pribadi.

Salah satu tantangan perjalanan mudik saat musim hujan adalah kondisi jalan berlubang. Seperti yang diketahui jalan berlubang kerap memicu terjadinya kecelakaan dan kerusakan komponen mobil.

Baca juga: Ramai di Media Sosial Tiket Bus Mudik Gratis Dijual Calo

Auto2000 menyediakan layanan pasang antikarat buat mobilDok. Auto2000 Auto2000 menyediakan layanan pasang antikarat buat mobil

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan perjalanan mudik atau apapun itu perlu disiapkan, termasuk risiko ketika kondisi lingkungan hujan.

Hardi mengatakan salah satu risiko paling sering terjadi adalah oil pan atau panci oli tersangkut benda keras sehingga pecah dan oli terkuras habis. Kondisi tersebut dapat terjadi ketika mobil melalui jalan berlubang atau rusak.

“Panci oli merupakan bagian terendah pada mesin, sehingga kerap tersangkut hingga menyebabkan panci oli sobek dan membuat oli tumpah, jika ini tidak disadari pengemudi maka risikonya mesin bisa macet,” ucap Hardi, belum lama ini.

Baca juga: Tips Merawat Motor Listrik yang Ditinggal Mudik Lebaran


Menurut Hardi mesin tanpa pelumas bisa mengalami kerusakan cukup parah sehingga solusinya bisa sampai turun mesin untuk mengganti beberapa komponen seperti piston, silinder dan sebagainya.

“Saya sarankan jika memang di perjalanan sempat mengalami peristiwa tersangkut saat melewati jalan tidak rata, segera menepi untuk mengkonfirmasi bahwa tidak ada kebocoran oli dan sejenisnya,” ucap Hardi.

Hardi mengatakan sudah sering terjadi panci oli bocor karena tersangkut permukaan jalan, khususnya mobil dengan angka ground clearance (celah bodi paling bawah mobil dengan permukaan tanah) kecil.

Jadi, ketika perjalanan mudik mobil Anda sempat menyangkut benda keras di area kolong mobil jangan pernah dianggap sepele karena ada risiko cukup besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com