Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantauan SPKLU di Tol Trans-Jawa Jelang Arus Mudik Lebaran 2024

Kompas.com - 02/04/2024, 19:31 WIB
Alek Kurniawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

MADIUN, KOMPAS.com - Meningkatnya penjualan mobil listrik di Tanah Air, membuat fasilitas pendukungnya juga ikut bertambah. Salah satunya terkait ketersediaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum atau SPKLU.

Tak hanya di kota-kota besar, SPKLU saat ini juga sudah mulai banyak beredar di rest area jalan tol, termasuk sepanjang Trans-Jawa menjelang musim mudik Lebaran 2024.

PT Jasamarga Related Business (JMRB), anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebagai pengelola Tol Trans-Jawa, telah menambah hampir tiga kali lipat jumlah SPKLU di rest area Jasa Marga Group.

Direktur Utama PT JMRB Denny Abdurachman mengatakan, jumlah SPKLU di rest area Jasa Marga saat ini mencapai 49 titik, yang sebelumnya hanya 17 titik.

Baca juga: Sekali Isi Bensin, Yaris Cross Hybrid Sukses Tempuh Jakarta-Surabaya

"Ada 11 titik SPKLU di antaranya juga telah kami upgrade dari normal charging ke fast charging," kata Denny dalam keterangannya, Selasa (2/4/2024).

SPKLU Rest Area KM 626B ruas Tol Ngawi-Kertosono.KOMPAS.com/ALEK KURNIAWAN SPKLU Rest Area KM 626B ruas Tol Ngawi-Kertosono.

Dengan demikan, kendaraan listrik tipe tertentu dapat terisi optimal dengan waktu pengisian selama 30 menit.

 

Pantauan Tim Oto Journey 2024 saat melakukan perjalanan etape pertama dari Jakarta ke Surabaya dan berhenti di beberapa rest area, belum banyak pengguna mobil listrik (EV) yang menggunakan fasilitas SPKLU.

Contoh di rest area Km 57 Tol Jakarta-Cikampek dan rest area 102A Tol Cipali misalnya, selama lebih kurang satu jam kami beristirahat, belum ada mobil listrik yang mengisi daya.

Begitu juga saat tim melanjutkan perjalanan di etape kedua dari Surabaya ke Jogja. Ketika beristirahat di rest area Km 626B ruas Ngawi-Kertosono, terpantau belum ada mobil listrik yang mengisi daya meski fasilitas SPKLU telah tersedia.

Hal tersebut bisa jadi karena memang belum masuk masa puncak arus mudik Lebaran, yang diprediksi baru dimulai pada 5-6 April 2024.

Baca juga: Catat, Ini Jadwal Diskon Tarif Tol Selama Musim Mudik Lebaran 2024

SPKLU Rest Area 102 Tol Cipali.KOMPAS.com/ALEK KURNIAWAN SPKLU Rest Area 102 Tol Cipali.

Kendati demikian, pemudik yang menggunakan mobil listrik dianjurkan untuk mengisi penuh daya baterai sebelum berangkat dan mengecek berkala sisa daya di sepanjang perjalanan.

Untuk selanjutnya, tim Oto Journey akan melintasi Tol Jogja-Solo yang beroperasi fungsional selama momen mudik Lebaran 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com