Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Xpander Hybrid Masuk Indonesia?

Kompas.com - 02/04/2024, 03:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mitsubishi Thailand belum lama ini meluncurkan Xpander Hybrid Electric Vehicle (HEV). Multi purpose vehicle (MPV) bertenaga hibrida ini tentu banyak ditunggu oleh konsumen Indonesia, terlebih antusiasme masyarakat akan mobil hybrid di Tanah Air begitu besar.

Hanya saja, sampai saat ini pihak Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) belum dapat memastikan kapan membawa Xpander ke Indonesia. Namun, pihaknya merasa sudah siap dengan kendaraan hybrid, hanya saja menunggu waktu yang tepat untuk diperkenalkan di Tanah Air.

“Kapan kami akan bawa ke Indonesia, tergantung dari perkembangan mobil hybrid. Saya tidak bisa katakan kapan bisa dibawa, setidaknya saya bisa katakan secara teknis kami menunggu arahan dari prinsipal dan permintaan dari masyarakat Indonesia,” ucap Atsushi Kurita, President Director PT MMKSI, di Jakarta Pusat, Senin (1/4/2024).

Baca juga: Kecelakaan Lalu Lintas Sepanjang Maret 2024 Turun Dibandingkan Tahun Lalu

“Mitsubishi intinya sudah ready dengan hybrid. Hanya menunggu kapan waktu yang tepat,” lanjutnya.

Kurita melanjutkan, Xpander HEV memang sengaja dijadwalkan untuk meluncur lebih dulu di pasar Thailand, karena di negara tersebut terdapat sejumlah kebijakan yang menguntungkan untuk mobil hybrid.

Mitsubishi Xpander Hybrid muncul dalam rencana jangka menengah MMC di kawasan ASEAN.MMC Mitsubishi Xpander Hybrid muncul dalam rencana jangka menengah MMC di kawasan ASEAN.

“Di Thailand ada beberapa kebijakan yang menguntungkan mobil hybrid, sangat kompetitif dibandingkan mobil biasa. Tapi kami akan melihat progres mobil hybrid di Indonesia,” kata Kurita.

Sebagai informasi, Xpander Hybrid dibekali mesin baru MIVEC dengan kapasitas 1,6 liter. Berdasarkan angka di atas kertas, mesin ini mampu menghasilkan daya 95 Tk dan torsi sebesar 134 Nm.

Baca juga: Simak Daftar Harga Aki Motor Per Maret 2024

Mitsubishi mengawinkan mesin MIVEC dengan sistem penggerak hybrid, terdiri dari set motor listrik dengan daya 116 Tk dan torsi 255 Nm, serta baterai hybrid yang ditanam di kursi penumpang depan sebelah kiri.

Bicara soal harga, Mitsubishi Xpander HEV punya banderol 912.000 baht Thailand atau sekitar Rp 405,7 juta setelah dikonversi ke nilai rupiah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com