Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Macet, Pemerintah Sarankan Masyarakat Mulai Mudik H-10 Lebaran 2024

Kompas.com - 01/04/2024, 06:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah RI melalui Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyarankan masyarakat untuk mulai mudik pada H-10 hingga H-5 Lebaran 2024.

Langkah tersebut sebagai upaya untuk menekan kepadatan lalu lintas yang pada akhirnya berpotensi membuat perjalanan mudik terhambat dan tidak nyaman.

"Saya secara khusus menyampaikan berkaitan dengan waktu mudik, Presiden menginformasikan atau menyarankan bahwa mudk itu kalau bisa H-10 sampai H-5," katanya dalam siaran video, Minggu (31/3/2024).

Baca juga: Estimasi Biaya Mudik Jakarta-Surabaya Pakai Innova Zenix Hybrid

Sejumlah kendaraan melintas di jalur Puncak, Cianjur, Jawa BaratKOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Sejumlah kendaraan melintas di jalur Puncak, Cianjur, Jawa Barat

Sebab, pada H-4 Lebaran atau 6 April 2024 sudah mulai memasuki periode puncak arus mudik, di mana akan terdapat lonjakkan mobilitas yang signifikan.

Apalagi, berdasarkan prediksi Kementerian Perhubungan, pada tahun ini akan ada 193 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik dengan berbagai moda transportasi.

"Karena H-4 itu puncak mudik, dan apabila itu dilaksanakan mungkin tidak terjadi kepadatan," kata Budi.

Kendati demikian, Kemenhub bersama Kepolisian Republik Indonesia dan operator jalan tol sudah menyiapkan skenario untuk mengurai kepadatan, baik secara contraflow, one way, maupun ganjil genap.

Pada kondisi tertentu, Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan juga mengarahkan untuk dilakukan buka-tutup rest area.

Baca juga: Jakarta Bebas Ganjil Genap Saat Libur Lebaran, Ini Tanggalnya

Kondisi lalu lintas di ruas jalan raya Puncak Cianjur, Jawa Barat.KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Kondisi lalu lintas di ruas jalan raya Puncak Cianjur, Jawa Barat.

Sebelumnya, Budi memprediksi bahwa pemudik pada Lebaran tahun ini akan mencapai 193 juta orang, di mana 28 juta masyarakat itu akan meninggalkan wilayah Jabodetbek.

Adapun prediksi puncak arus mudik Lebaran 2024 terjadi pada Senin, 8 April 2024, atau bertepatan dengan mulainya cuti bersama.

Sementara untuk puncak arus balik, diprediksi akan terjadi pada Minggu 14 April 2024. Potensi pergerakannya diperkirakan mencapai 41 juta orang atau 21,2 persen.

"Hal ini mengindikasikan terdapat kecenderungan peningkatan minat masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik Lebaran 2024 dibandingkan tahun 2023 sebesar 123 juta orang," kata Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com